Sabtu, 14 Juni 2008

HULC. Baju cyborg baru saingan HAL-5 ?

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas mengenai XOS Exoskeleton dan juga HAL-5. Kedua pakaian super tadi mempunyai fungsi yang sama, yaitu memberikan kekuatan tambahan atau kekuatan super kepada pemakainya. Yang menjadi pembeda di antara keduanya adalah, XOS lebih ditujukan sebagai pakaian tempur untuk militer US, sedangkan HAL-5 lebih ditujukan untuk orang-orang sipil di Jepang, seperti perawat RS, pekerja bangunan, dan sebagainya.

HULC (Human Universal Load Carrier) juga merupakan pakaian canggih yang dapat memberikan kekuatan super kepada pemakainya. HULC ini mirip dengan HAL-5 sebab exoskeleton ini tidak hanya ditujukan bagi militer, namun juga bagi sipil. Bahkan, Berkeley Bionic sebagai produsennya telah siap menerima pemesanan apabila ada yang tertarik membelinya. Namuns sayangnya mereka tidak menyebutkan berapa jumlah yang harus kita bayar untuk mendapatkan exoskeleton ini.

HULC bekerja dengan cara yang sama dengan XOS dan HAL-5. Dengan mengenakan HULC ini, kita akan mampu berjalan jauh sambil membawa beban hingga ratusan kilogram di punggung kita tanpa harus merasa kelelahan (dibanding apabila kita tidak mengenakan HULC ^_^).

(source botjunkie )