Selasa, 13 Mei 2008

[Video] Cyborg dari Jepang

Sudah baca mengenai XOS Exoskeleton ? (anda dapat membacanya di sini ). XOS Exoskeleton akan membuat prajurit Amerika Serikat menjadi jauh lebih kuat dibanding sebelumnya. Dengan menggunakan XOS exoskeleton maka para prajurit dapat mengangkat benda lebih berat, berlari lebih jauh, mendaki tanpa berkeringat, dan sebagainya.
Jepang telah satu langkah lebih maju dibanding Amerika Serikat. Bila saat ini XOS Exoskeleton masih hanya berupa prototype, Jepang justru sudah akan mulai memproduksinya secara massal. Memang bukan XOS Exoskeleton yang akan diproduksi oleh Jepang, melainkan HAL-5.

HAL-5 memiliki beberapa kelebihan dibanding Exoskeleton. Beberapa diantara kelebihan HAL-5 adalah harganya yang jauh lebih murah, lebih flexibel, dan tidak hanya khusus untuk militer saja. HAL-5 dapat digunakan oleh semua orang dewasa.

HAL-5 merupakan generasi terbaru dari HAL. HAL, atau Hybrid Assistive Limb, sebenarnya dirancang untuk membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik, terutama pasien-pasien yang menderita kelemahan otot. HAL akan membaca sinyal-sinyal elektrik yang mengalir pada kulit pasien, kemudian menterjemahkan sinyal-sinyal tersebut menjadi gerakan yang diinginkan oleh sang pasien. HAL akan membuat pemakainya menjadi minimal 5 kali lebih kuat dibanding sebelumnya. Pada praktiknya tidak hanya pasien penderita lemah otot saja yang dapat merasakan manfaat dari HAL.
Selain bagi pasien, manfaat HAL juga akan sangat terasa bagi pekerja bangunan, atau siapa saja yang biasa membawa benda-benda berat. Dengan HAL, pekerjaan yang tadinya harus dikerjakan oleh dua orang mungkin dapat dikerjakan oleh satu orang saja. Benar-benar sangat berguna.
HAL-5 dikembangkan oleh Cyberdyne Inc. Rencananya mulai Oktober 2008 Cyberdyne akan membuat sekitara 400-500 baju-baju robot seperti ini setiap tahunnya. Mereka juga berencana untuk membuat puluhan ribu pakaian robot ini dalam beberapa tahun ke depan. Anda juga dapat memiliki salah satu dari pakaian robot ini dengan harga sekitar 5-7 Juta Yen (atau sekitar 450-625 juta rupiah... ^_^*). Atau anda juga dapat menyewa HAL-5 dengan biaya sekitar 70 Ribu yen per-bulannya.

(source Cyberdyne, Techeblog, Endgadget, LovingTheMachine, BussinesWeek)