Senin, 12 Mei 2008

[Video] Pakaian super untuk militer Amerika Serikat yang akan membuat pemakainya menjadi ribuan kali lebih kuat


Sudah lihat Ironman ? Di dalam film tersebut digambarkan bagaimana sebuah baju (suit) membuat pemakainya menjadi ribuan kali lebih kuat dari sebelumnya. Hal tersebut mungkin terlihat seperti sesuatu yang hanya akan kita temukan dalam film-film saja. Namun pemerintah Amerika Serikat berencana untuk benar-benar mewujudkan hal tersebut.


XOS Exoskeleton adalah pakaian super yang sengaja dikembangkan untuk memaksimalkan kinerja prajurit Amerika Serikat di masa depan. Dengan Exoskeleton ini prajurit dapat mengangkat benda lebih berat, berlari lebih jauh, mendaki tanpa berkeringat, dan sebagainya. Exoskeleton akan membuat prajurit menjadi jauh lebih kuat dibanding sebelumnya.
XOS Exoskeleton sebenarnya adalah sebuah robot yang bisa dikenakan layaknya sebuah pakaian. Pakaian robot ini bekerja dengan cara membaca gerakan penggunanya, lalu menjadikan gerakan tersebut menjadi lebih kuat dengan dibantu oleh tenaga mesin. Nantinya, pakaian robot ini juga akan dapat bekerja sendiri, bahkan ketika tidak ada manusia yang mengenakan pakaian robot ini.

Jepang telah satu langkah lebih maju dibanding Amerika Serikat. Bila saat ini XOS Exoskeleton masih hanya berupa prototype, Jepang justru sudah akan mulai memproduksinya secara massal. Memang bukan XOS Exoskeleton yang akan diproduksi oleh Jepang, melainkan HAL-5.
HAL-5 memiliki beberapa kelebihan dibanding Exoskeleton. Beberapa diantara kelebihannya adalah bahwa HAL-5 jauh lebih murah, lebih flexibel, dan tidak hanya khusus untuk militer saja. HAL-5 dapat digunakan oleh semua orang dewasa. Saya akan mencoba menulis mengenai HAL-5 pada artikel berikutnya (^_^).