Minggu, 13 April 2008

Bahrain World Trade Center

Sangat menyenangkan (dan mencengangkan) membahas mengenai berbagai hal luar biasa yang berkaitan dengan arsitektur di kawasan timur tengah. Salah satu yang menarik untuk dibahas disini adalah BWTC (Bahrain World Trade Center).

Tidak seperti Burj Dubai, Al-Burj, Burj Al-Meel, dan Burj Mubarak Al-Kabir yang sampai saat ini masih dalam pengerjaan atau bahkan masih berbentuk sketsa, BWTC adalah gedung yang benar-benar sudah jadi dan siap digunakan. Bila dibandingkan dengan gedung-gedung raksasa tersebut, BWTC memang tidak memiliki ketinggian yang bisa dibanggakan, namun BWTC ini memiliki tiga kipas raksasa sebagai pemasok listriknya, hal seperti ini belum pernah diterapkan sebelumnya di dunia, dan WTC ini menjadi yang pertama menerapkannya. Benar-benar prestasi yang bisa mereka banggakan.

Beberapa hari yang lalu BWTC baru saja meresmikan dan mengaktifkan ketiga kipas raksasa ini. Ketiga kipas yang masing-masingnya berdiameter 29 meter ini berfungsi sebagai turbin untuk membangkitkan tenaga listrik bagi kedua menara kembar tersebut. Diharapkan dengan adanya tiga kipas raksasa ini BWTC akan mendapatkan pasokan listrik sebesar 11-15% dari total kebutuhan listriknya. Sebuah penghematan yang cukup luar biasa.

(source dvice )