Jumat, 11 April 2008

Burj Mubarak Al-Kabir. 1 Km menjulang ke langit.

Sepertinya tidak ada habis-habisnya saya menulis tentang gedung-gedung pencakar langit di kawasan timur tengah. Setelah saya menulis mengenai Burj Dubai, Al-Burj, lalu kemudian Burj Al-Meel kini kembali saya menulis mengenai gedung pencakar langit di kawasan timur tengah lagi.

Burj Mubarak Al-Kabir direncanakan mulai dikerjakan pada tahun ini, dan diharapkan akan selesai dibangun pada 2012. Pada saat gedung ini selesai dibangun gedung ini akan memiliki sekitar 250 tingkat dengan ketinggian mencapai 1001 meter, bandingkan dengan Burj Dubai, gedung tertinggi di dunia saat ini, yang memiliki ketinggian sekitar 800 meter.

Burj Mubarak Al-Kabir memang tidak lebih tinggi dari Al-Burj yang akan memiliki ketinggian hingga 1200 meter, apalagi bila dibandingkan dengan Burj Al-Meel yang akan memiliki ketinggian mencapai 1600 meter (1 mil), tapi tetap saja. Burj Mubarak Al-Kabir adalah bangunan yang sungguh-sungguh luar biasa.

Burj Mubarak Al-Kabir akan dibangun di pusat kota Madinat Al-Hareer (atau Kota Sutera dalam bahasa indonesia), Kuwait. Madinat Al-Hareer sendiri adalah kota yang saat ini sedang dibangun oleh pemerintah Kuwait dan diharapkan selesai pengerjaannya dalam waktu 25 tahun. Ketika kota ini selesai dibangun, kota ini akan dilengkapi dengan berbagai macam infrastruktur penunjang, termasuk Burj Mubarak Al-Kabir ini sebagai pusatnya.

Berikut ini adalah gambar-gambar dari Burj Mubarak Al-Kabir. Sungguh mengagumkan (sekaligus mengerikan), persis seperti bangunan-bangunan khayalan yang ada pada game-game RPG.

(source BurjMubarakAlKabir )