Selasa, 08 April 2008

Burj Al-Meel. Dua kali lipat lebih tinggi dibanding Burj Dubai, dan 33% lebih tinggi dibanding Al-Burj

Sudah baca tentang Burj Dubai ? Dengan rencana ketinggian sekitar 800 meter, Burj Dubai kini resmi menjadi bangunan tertinggi di dunia, padahal gedungnya belum jadi dan ketinggiannya pun belum maksimal. Benar-benar sungguh mengagumkan.

Saya lebih kaget lagi ketika membaca tentang Al-Burj. Al-Burj membuat Burj Dubai (yang merupakan bangunan tertinggi di dunia saat ini) menjadi terlihat pendek. Al-Burj direncanakan akan mencapai ketinggian hingga 1200 meter, yang berarti sekitar 33% lebih tinggi dibanding Burj Dubai.

Namun yang membuat saya lebih terperanjat lagi adalah ketika saya membaca berita tentang Burj Al-Meel, yang apabila diartikan ke bahasa Indonesia artinya adalah Menara setinggi satu Mil. Sesuai dengan namanya, gedung ini direncanakan akan mencapai ketinggian sekitar 1 mil, atau 1600 meter. Dengan ketinggian 1600 meter berarti Burj Al-Meel dua kali lipat lebih tinggi dibanding Burj Dubai, dan 33% lebih tinggi dibanding Al-Burj.

Tidak seperti Burj Dubai dan Al-Burj yang akan dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab. Burj Al-Meel akan dibangun di Jeddah, Arab Saudi.

Burj Al-Meel digagas dan didanai oleh pangeran Alwaleed Bin Talal dari Arab Saudi. Untuk pembangunan Burj Al-Meel ini beliau mempersiapkan dana sebesar US$10 Milyar.

Untuk bangunan setinggi ini tentunya akan sangat banyak sekali kendala pada saat pembuatan dan setelah pembuatannya. Salah satu kendala yang mungkin akan dialami adalah masalah temperatur. Temperatur pada bagian atas menara ini akan mendidih pada saat siang hari, dan akan membeku pada malam hari. Masalah lain yang cukup parah adalah masalah “goyangan” gedung. Untuk ukuran gedung setinggi ini, sedikit goyangan yang ditimbulkan oleh tiupan angin akan membuat para penghuni gedung mengalami mabuk laut. Selain itu masalah transportasi juga merupakan masalah yang cukup perlu mendapat perhatian. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari lantai terbawah ke lantai teratas (atau sebaliknya). Namun yang pasti mereka telah memikirkan solusi untuk semua masalah itu.

Sebenarnya ada bangunan lain yang jauh lebih dahsyat, yaitu kota vertikal London dengan ketinggian hingga tiga kali lipat lebih tinggi dibanding Burj Al-Meel. Namun sampai saat ini kota vertikal London tersebut masih hanya angan-angan belaka, berbeda dengan Burj Al-Meel yang sudah matang perencanaan dan pendanaanya, tinggal menunggu pelaksanaannya saja.

(source : nextbigfuture, worldnews, wikipedia. image source : wikipedia, skyscrapercity, poormartin )