Sabtu, 05 April 2008

Rumah masa depan bagi sejuta warga London

Setelah 2016, London diperkirakan harus menyediakan rumah atau tempat tinggal bagi 100 ribu warga baru setiap tahunnya. Dengan alasan itulah maka rencana pembuatan bangunan yang akan menjadi rumah masa depan bagi sejuta warga London sedang diajukan di Inggris.

Bangunan yang (apabila jadi dikerjakan) akan mencapai ketinggian 5000 kaki ini terlalu besar untuk sekedar di sebut “gedung” atau “menara”. Dengan ukurannya yang luar biasa, untuk me”manage”nya, bangunan ini memerlukan suatu sistem pemerintahannya sendiri. bangunan ini harus dibagi-bagi kedalam sub pemerintahan seperti RT, RW, dan kelurahan atau semacamnya. Mungkin bangunan ini lebih pantas disebut sebagai kota vertikal.

Layaknya sebuah kota pada umumnya, di dalam kota vertikal ini juga akan dilengkapi dengan beberapa taman terbuka, sekolah-sekolah, rumah sakit, dan berbagai fasilitas publik lainnya seperti toko-toko, perkantoran, dan pemerintahan untuk setiap distrik atau kelurahannya. Tidak ketinggalan juga sarana transportasi untuk berpindah-pindah tempat dalam kota vertikal tersebut.

Sampai saat ini, kota vertikal ini masih sebatas usulan atau pengajuan kepada pemerintah London. Apabila anda tertarik melihat lebih lanjut mengenai bangunan luar biasa ini, anda dapat melihatnya di http://www.popularchitecture.com/supertower/