Selasa, 31 Desember 2013

Siapakah Satoshi Nakamoto? (3)

Menyambung beberapa artikel sebelumnya mengenai "Siapakah Satoshi Nakamoto?" (part 1 dan part 2). Berikut ini adalah beberapa nama yang bisa kita jadikan "tersangka" mengenai siapa sebenarnya penemu Bitcoin ini.

Gavin Andresen
Sebagai Project Leader dari Bitcoin, Andresen adalah tersangka utama untuk identitas asli dari Satoshi Nakamoto. Apalagi Andresen "ditunjuk" langsung oleh Satoshi Nakamoto untuk menggantikan dirinya. Peran Andresen di Bitcoin, adalah sama seperti peran Linus Torvalds di Linux. Arahan dari Andresen sangat vital bagi ekosistem Bitcoin.

Meskipun banyak yang berspekulasi bahwa Gavin Andresen adalah identitas asli dari Satoshi Nakamoto, namun Andresen membantahnya. Andresen mengatakan bahwa gaya codingnya sangat berbeda dengan Nakamoto. Dan dimata para engineer juga sangat terlihat perbedaannya, Nakamoto memiliki kemampuan pemrograman yang biasa-biasa saja, sedangkan Andresen memiliki kemampuan pemrograman yang sangat tinggi.

Michael Clear, Donal O’Mahony, Hitesh Tewari dan Michael Peirce dari Trinity College, Dublin
Ke-empat nama di atas berasal dari satu almamater yang sama. Michael Clear sangat menguasai Cryptography, dan pernah mempublikasikan temuannya mengenai Peer to peer Cryptography, persis seperti cara kerja Bitcoin. Walaupun memiliki banyak kesamaan dalam penemuannya, Clear membantah bahwa dirinya Satoshi Nakamoto.

Lalu Ke-tiga nama lainnya, Donal O'Mahony, Hitesh Tewari dan Michael Peirce juga menguasai bidang yang sama dengan Clear. Mereka semua pernah mempublikasikan riset mereka dan bahkan menulis buku bersama mengenai sesuatu yang sangat mirip dengan Bitcoin. Ke-empat nama ini juga dikenal dengan sebutan Crypto Mano Group. Ada spekulasi yang mengatakan bahwa satu group ini adalah identitas asli dari Satoshi Nakamoto, namun semuanya membantah bahwa mereka adalah Nakamoto.

Jed McCaleb
Bila anda sudah pernah menggunakan Bitcoin, mungkin anda familiar dengan Mt.Gox. Jed McCaleb adalah pendiri dari Mt.Gox, Bitcoin exchange terbesar saat ini yang berbasis di Tokyo, Jepang. Karena lama tinggal di Jepang, McCaleb juga pandai berbahasa Jepang.

Sebelum mendirikan Mt.Gox, McCaleb juga pernah mendirikan perusahaan peer to peer file sharing, yaitu eDonkey. Kedua jenis perusahaan yang telah dibangunnya, dan kedekatan McCaleb dengan budaya Jepang semakin memperkuat spekulasi bahwa McCaleb adalah Nakamoto.

Pemerintah suatu negara
Ya, "tersangka" berikutnya mengenai identitas asli Satoshi Nakamoto adalah suatu pemerintahan. Entah pemerintah negara mana yang membuatnya, tapi andaikan benar pemerintah yang membuatnya, maka sumber daya (dana, waktu, dan tenaga) harusnya tidak menjadi masalah untuk mereka. Tujuannya bisa bermacam-macam, bisa saja untuk menyerang US Dollar, atau Yuan, atau bahkan untuk menyelamatkan warga eropa dari bencana finansial yang mereka hadapi seperti di Cyprus.

Masih banyak lagi spekulasi mengenai tersangka-tersangka lainnya dari identitas sebenarnya Satoshi Nakamoto. penulis akan coba membahasnya pada kesempatan lain.