Senin, 23 Desember 2013

Siapakah Satoshi Nakamoto?

Apabila anda mengikuti perkembangan Bitcoin, mungkin anda sering mendengar nama Satoshi Nakamoto. Namun siapakah sebenarnya Satoshi Nakamoto? Dua tahun setelah menciptakan Bitcoin, tokoh misterius ini menghilang dan tidak pernah terdengar kabarnya lagi. Spekulasi pun banyak bermunculan yang membahas mengenai identitas sebenarnya dari Satoshi Nakamoto.

Berikut ini beberapa fakta mengenai Satoshi Nakamoto.
Representasi Satoshi Nakamoto

  • Tidak ada yang tahu nama asli Satoshi Nakamoto, tidak ada yang tahu bagaimana wajahnya, umur, jenis kelamin, kewarganegaraannya, dsb. Bahkan tidak ada juga yang tahu apakah Satoshi itu sebenarnya 1 orang, atau sekelompok orang, atau suatu instansi atau bahkan suatu negara.
  • Semua komunikasi dengan Satoshi dilakukan secara online dan tertulis.
  • Satoshi seolah tiba-tiba muncul di dunia pada 2008 ketika ia mengumumkan hasil penelitiannya yang kemudian menjadi landasan terciptanya Bitcoin. 
  • Pada Januari 2009, Satoshi mulai me-"mining" block Bitcoin pertamanya yang kemudian dikenal dengan sebutan "Genesis Block". Dan pada akhir tahun itu juga beliau telah berhasil me-mining lebih dari 1,6 juta Bitcoin. Bila dikonversikan dengan kurs pada saat artikel ini ditulis maka beliau telah berhasil mendapatkan lebih dari US$ 1Milyar, atau Rp13Triliun, cukup untuk membiayai Pemilu 2014 di negara kita.
  • Pada masa-masa awal berdirinya Bitcoin Forum, Satoshi cukup aktif dan sering memberikan respond. Selain itu, beliau juga aktif berkontribusi dalam pemrograman Bitcoin. Namun pada 2010, Beliau mulai menyerahkan tanggung jawab tersebut pada Gavin Andresen (yang juga tidak tahu siapa Satoshi sebenarnya)
  • Pada 2011, Satoshi tiba-tiba menghilang, tidak ada lagi yang mendengar kabarnya. Tidak ada lagi respon dan kontribusi dari beliau untuk Bitcoin.
Ada beberapa spekulasi mengenai kira-kira siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto. Beberapa nama pun bermunculan. Pada artikel berikutnya penulis akan coba membahas nama-nama tersebut.