Apa itu Augmented Reality?

Beberapa saat yang lalu saya pernah menulis mengenai "Kartu Nama Dengan Augmented Reality". Namun ternyata banyak juga yang belum tahu apa itu AR (Augmented Reality).


(image from edopter)

Menurut Wikipedia, AR adalah cabang ilmu komputer yang mempelajari mengenai penggabungan data di dunia nyata, dengan data yang dihasilkan oleh komputer. Biasanya data yang disajikan adalah penggabungan data grafis (foto,video) yang ada di dunia nyata dengan grafis yang dihasilkan oleh komputer. Contohnya mungkin bisa dilihat pada foto-foto saya berikut..hehehe... (^_^)v.


Pada ketiga gambar di atas saya tampak seperti sedang memegang sebuah objek mobil Toyota (bukan promosi ya, cuma contoh aja), namun pada kenyataannya yang saya pegang sebenarnya hanya Handphone Samsung saya saja (sekali lagi, ini bukan promosi, tapi kalau mau minta dipromosikan juga bisa... hehe ^^). Namun ketika layar handphone saya tersorot oleh webcam, maka di layar komputer yang akan terlihat adalah layar handphone saya berubah menjadi objek mobil tadi.

Setiap kali saya menggerakkan Handphone saya maka objek mobil tadi juga akan bergerak sesuai gerakan saya. O ya, objek mobil di atas bukan hanya sekedar objek statis saja, tapi ber-animasi. Apabila saya memiringkan handphone saya menjadi seolah-olah jalan menanjak, maka mobil tersebut juga akan ber-animasi mundur, demikian juga bila saya membuatnya menjadi turunan, maka mobil juga akan ber-animasi maju. Animasi lainnya mungkin bisa dilihat pada foto-foto di bawah.

Gayanya sudah seperti Demian aja..hehe..


Pada ketiga foto di atas saya melakukan gerakan tertentu pada Handphone saya, gerakan tersebut membuat semua komponen pada objek mobil tadi menjadi tercerai-berai. Sekarang kita bisa melihat semua "jeroan" mobil tersebut


AR sangat berguna dalam desain perancangan (arsitek, mesin, dsb). Selain itu AR juga pasti akan sangat berguna dalam dunia hiburan, promosi, game, dan berbagai aspek kehidupan sehari-hari lainnya. Untuk promosi sendiri, khusus di Indonesia saya baru melihat 1 perusahaan yang menggunakan AR dalam media promosinya. Nah, apabila anda punya produk yang ingin dipromosikan, dan anda tertarik kepada AR, kontak-kontak saya yah (^_^).. mudah2an kita bisa bekerja sama.

Tiga photo berikut adalah contoh AR dalam dunia hiburan (dewasa)... hehehe...

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Facebook

DimP. Kendalikan jalannya video dengan menggerakkan objek di dalam video tersebut

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin? (2)