Rabu, 15 Oktober 2008

Moville. Ini robot apa mobil ya ? (^_^)

Bentuknya yang menyerupai monster lucu ini membuat saya mengira bahwa gambar berikut adalah robot ketika pertama kali saya melihatnya. Padalah gambar ini sebenarnya adalah konsep city car di masa depan.


Matanya yang menyala, dan senyumnya yang lebar benar-benar membuat mobil konsep ini semakin mirip dengan tokoh-tokoh antagonis khas Nintendo. Matanya yang menyala sebenarnya adalah lampu untuk menerangi jalan, dan mulutnya yang tersenyum lebar sebenarnya adalah layar OLED yang dapat menampilkan status kendaraan (running/charging/turn signal/etc) kepada pengendara lain di depannya.


Tidak seperti mobil-mobil yang ada saat ini, mobil ini tidak membutuhkan head lamps dan lampu-lampu lain di depannya, sebab mobil-mobil ini dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya, adapun OLED yang ada didepannya lebih ditujukan kepada manusia yang ada didepannya, dan bukan kepada mobil di depannya. Selain komunikasi antar mobil, mobil ini juga dapat berkomunikasi dengan satelit dan jalan yang dilaluinya membuatnya dapat menghindari titik kemacetan (bila ada) dan menentukan jalur tercepat untuk mencapai tujuan. Selain itu, kemampuan untuk saling berkomunikasi ini dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Begitu anda melihatnya, mungkin yang pertama akan anda perhatikan adalah bentuk kabinnya yang seperti tetesan air. Bentuk tetasan air ini menghasilkan tingkat efiesiensi aerodinamis yang sangat tinggi. Kabin dapat semakin rebah/tegak tergantung kepada kecepatannya.


Selain bentuknya yang unik, mobil ini juga memiliki tiga bola magnetik yang menjadi roda-rodanya. Bola-bola ini dapat berputar ke segala arah dengan menggunakan tenaga elektro-magnet. Karena Moville berjalan dengan menggunakan tenaga elektro magnet, maka Moville tidak memerlukan transmisi mekanis, dan pembakaran, menjadikan Moville menjadi lebih efisien, lebih dapat diandalkan, dan juga ramah lingkungan. O iya, Moville juga mampu untuk mengumpulkan daya listrik melalui berbagai sumber, termasuk matahari dan kinetik.


Walaupun Moville dapat berjalan sendiri tanpa campur tangan manusia, namun bila dikehendaki, Moville juga dapat dikendalikan melalui perangkat game, handphone dan perangkat mobile lainnya.

(source tuvie)