Minggu, 28 Juli 2013

Mungkinkah membangun gedung tertinggi di dunia dalam waktu 90 hari?

SkyCity, mega proyek berikutnya dari China ini direncanakan akan menjadi bangunan tertinggi di dunia, dan yang lebih hebatnya lagi adalah, mereka akan membangunnya hanya dalam waktu 90 hari.


Sebelumnya,China juga berhasil membangun gedung 30 lantai hanya dalam waktu 15 hari. Mereka bisa mencapai hal ini dengan cara melakukan pre-fabrikasi, yaitu komponen-komponen yang dibutuhkan telah dibuat dulu sebelumnya, dan hanya tinggal dirakit saja di lokasi konstruksi. Cara yang sama akan digunakan untuk membangun SkyCity ini.

SkyCity akan berdiri menjulang setinggi 838 meter dengan jumlah tingkat sebanyak 220 lantai. Sebagai perbandingan, Burj Khalifa, bangunan tertinggi di dunia saat ini menjulang setinggi 829 meter dengan 163 lantai. Didalamnya akan memiliki kawasan residensial, perkantoran, sekolah, rumah sakit, hotel, mall, dan juga pusat bisnis dan entertaintment, semuanya terintegrasi dalam satu bangunan raksasa ini.


China tidak ingin bangunan ini hanya asal cepat jadi saja. Mereka juga telah menyiapkan gedung ini untuk menjadi salah satu bangunan paling ramah lingkungan di dunia, dan mampu menghadapi gempa hinggal skala 9 skala richter.