Selasa, 01 Juli 2008

Pohon Sepeda (Part 2)

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang pohon sepeda (anda dapat membacanya di sini ). Tempat parkir sepeda berikut ini memiliki konsep yang sama dengan tempat parkir sepeda secara vertikal yang pernah saya bahas sebelumnya.

Cara penggunannya tidak sulit, cukup masukkan kartu berlangganan dan PIN anda, setelah itu tangan yang bertugas menjadi pengangkut sepeda-pun akan turun untuk mengangkut sepeda anda dengan hati-hati ke puncak pohon. Dan sebaliknya jika ingin menurunkan sepeda anda maka cukup masukkan kartu berlangganan dan PIN anda, setelah itu sepeda anda akan diturunkan dengan hati-hati.


Penggunaan tempat parkir sepeda berbentuk pohon ini akan diterapkan untuk pertama kalinya di Jenewa. Diharapkan dengan adanya tempat parkir ini maka orang akan merasa lebih aman untuk memarkir sepedanya, selain terlindung dari hujan juga akan mempersulit para pencuri untuk mengambil sepeda kita. Selain itu juga, karena sepeda diparkir secara vertikal, maka ruang yang diperlukan untuk parkir sangat minim, sehingga ruang yang tadinya diperuntukkan untuk parkir sepeda dapat dikurangi dan digunakan untuk keperluan lain (untuk ruang pejalan kaki misalnya).



Pohon sepeda ini menggunakan sinar matahari sebagai sumber listriknya. Untuk keterangan lebih lanjut anda dapat melihatnya pada situs resmi mereka di http://www.biketree.com .