Kamis, 22 Mei 2008

Pohon Sepeda ?

Pohon berikut ini berbeda dengan pohon-pohon yang lain, sebab pohon ini tidak memiliki daun, bunga, dan buah-buahan, Tetapi memiliki sepeda-sepeda yang bergantungan pada batang tubuhnya (?).


Gambar di atas adalah salah satu konsep sistem perparkiran untuk sepeda. Untuk lebih menghemat penggunaan ruang, pada konsep tersebut digambarkan sepeda tidak diparkir secara horizontal, namun secara vertikal. Selain untuk menghemat ruang, sistem ini dikatakan juga memiliki keamanan yang lebih terjamin jika dibandingkan dengan cara konvensional. Tidak seperti mobil yang harus diparkir secara horizontal, sepeda tidak memiliki masalah untuk diparkir secara vertikal.

Untuk menggunakan sistem parkir ini, kita hanya perlu meletakkan sepeda kita pada tempat yang telah ditentukan, kemudian secara otomatis alat (tiang) ini akan mengunci sepeda kita. Setelah itu kita cukup menekan tombol yang tersedia, maka sepeda kita akan ditarik ke atas dengan hati-hati. Tidak hanya itu, alat ini juga akan mengingat sidik jari kita ketika kita menekan tombol tadi.


Hmmh…entah mengapa, sepertinya saya lebih suka sistem perparkiran sepeda yang diterapkan oleh Jepang (anda dapat membacanya di sini ).