Kamis, 15 Mei 2008

[Video] Serangga robot. Teman baru prajurit US ?

Sudah baca mengenai BigDog ? (anda dapat membacanya di sini ). BigDog memang sangat praktis bila digunakan untuk mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Namun bila digunakan untuk tugas mata-mata, BigDog terlalu banyak kekurangannya. 
BigDog dapat berlari cukup gesit dan lincah untuk menghindar dari kejaran musuh, namun ukurannya yang besar dan suaranya yang berisik dapat membuat BigDog menjadi sasaran empuk bagi pihak lawan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dibuat robot binatang dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan tidak berisik. Kira-kira robot binatang apa ya yang cocok digunakan untuk tugas mata-mata tersebut ?
Robot-robot kecil berbentuk seperti serangga pada video di atas dianggap paling cocok untuk menjalankan tugas mata-mata dan pengintaian. Oleh sebab itu, Pemerintah US telah mengontrak BAE Systems untuk melakukan berbagai macam riset agar robot-robot kecil seperti yang ada pada video di atas benar-benar dapat terwujud.

Pemerintah US memberikan dana sebesar US$ 38 juta kepada BAE Systems unuk membentuk konsorsium di bidang MATS (Micro Autonomous System and Technology). Konsorsium ini akan berisi gabungan ilmuwan-ilmuwan dari berbagai universitas dan perguruan tinggi ternama di US. Para ilmuwan ini akan bekerja bersama memeras pikiran mereka untuk mewujudkan berbagai robot mini tersebut.
(source Techeblog, Gizmodo, Wired )