Kamis, 17 April 2008

[Video] BigDog. Robot anjing untuk militer

Tampaknya para prajurit Amerika Serikat akan mendapatkan sahabat baru yang akan menemani mereka di medan perang. Sahabat baru tersebut adalah BigDog, anjing pintar didikan DARPA. Apa yang istimewa dari BigDog ? anjing ini begitu patuh, dia kuat, pintar dan tidak kenal lelah, bahkan anda tidak perlu memberinya makan dan minum sebab BigDog adalah robot anjing yang memang tidak memerlukan makan dan minum (kecuali bahan bakar ^_^).

DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) memang tidak henti-hentinya berinovasi demi kemajuan militer Amerika Serikat. Kali ini mereka mengembangkan BigDog, robot anjing yang dapat membantu prajurit di medan perang. BigDog akan memiliki fungsi utama sebagai robot pengangkut untuk memindahkan berbagai muatan militer di medan perang.


BigDog dapat berjalan, berlari, dan mendaki pada berbagai macam medan yang sulit sambil membawa benda-benda berat di punggungnya. Setiap langkah kakinya akan menghasilkan listrik yang dapat dipergunakan untuk melangkah kembali (daur ulang energi). Robot anjing berukuran panjang 1 meter, tinggi 0.7 meter dan berat 75 kg ini mampu berlari dengan kecepatan 4 mph pada kemiringan 35 derajat sambil membawa muatan seberat 154 Kg.

(source NewLaunches )