Kamis, 27 Maret 2008

Search Me. Beta Testing

Dua minggu yang lalu penulis pernah menulis tentang SearchMe, search engine baru yang mencoba untuk memberikan cara alternatif untuk bergoogling. Pada saat penulis menulis ulasan tersebut, SearchMe memang belum mengizinkan search enginenya untuk digunakan oleh para user. Namun seminggu yang lalu, penulis mendapat e-mail balasan dari SearchMe yang berisi ajakan untuk menjadi beta tester dari SearchMe.

Tampilan pertama. Persis seperti Google.

Tampilan kedua. Penulis memasukkan kata kunci “indonesia”.

Setiap kali kita mengetikkan sesuatu ke dalam kotak pencarian, SearchMe akan menawarkan beberapa kategori hasil pencarian yang berhubungan dengan kata kunci yang kita masukkan. Benar-benar sungguh praktis.

Tampilan ketiga. SearchMe menawarkan beberapa kategori yang berhubungan dengan “indonesia".

Kita tidak harus memilih kategori bila memang kategori-kategori yang mereka tawarkan tidak ada yang cocok dengan hasil pencarian kita. Dalam kasus penulis tadi, penulis memilih kategori “maps”.

Tampilan ke-empat. SearchMe manampilkan preview dari halaman-halaman yang tampil pada hasil pencarian.

Selain preview halaman, SearchMe juga menampilkan keterangan dari setiap halaman di bawah masing-masing halaman. Benar-benar sungguh praktis. Kita tidak perlu membuka link-link satu persatu hanya untuk melihat tampilan halaman-halaman yang ada pada tiap link.

Tampilan kelima. Kita juga dapat melihat hasil pencarian berupa teks-teks link bila kita mau.

Tampilan ke-enam. Kita juga dapat mengganti theme/skin SearchMe

Penulis merasa cukup puas dengan SearchMe. Walaupun jumlah halaman yang mereka indeks memang belum terlalu banyak, baru sekitar 1 milyar halaman website. Namun penulis selalu menemukan apa yang penulis cari, persis seperti bila penulis mencarinya lewat Google.

Dan yang lebih hebat lagi adalah, Staff SearchMe sungguh ramah, mereka mendengarkan saran-saran dari penulis dan mengimplementasikan beberapa saran yang penulis ajukan lewat e-mail (^_^).

Anda pun dapat mencoba SearchMe (beta), dengan mendaftarkan alamat e-mail anda pada http://www.searchme.com