Selasa, 11 Maret 2008

Digsby. Pantau semua kehidupan sosial anda cukup dari satu tempat.

Saat ini banyak sekali tersedia berbagai layanan untuk melayani kehidupan sosial anda di internet. Mungkin saja di antara kita ada yang memliki lebih dari satu account IM (Instant Messenger), atau terdaftar di berbagai website social network (Facebook, MySpace, Friendster, dsb), atau paling tidak memiliki lebih dari satu account e-mail. Bagaimana cara anda memantau semua itu ?

Untuk memantau berbagai account IM anda, saat ini tersedia beragam pilihan software Multiprotocol Instant Messenger seperti Pidgin dan Trillian. Tersedia juga berbagai macam software e-mail client seperti Outlook dan Thunderbird untuk memantau berbagai account e-mail anda. Namun bagaimana caranya untuk memantau beragam account Social Network (Jejaring sosial) anda ?

Sebenarnya sudah tersedia software untuk memantau beragam account social network anda, yaitu 8Hands. Namun setelah beberapa hari menggunakan 8Hands penulis memutuskan untuk meng-uninstall-nya dan kemudian menggantinya dengan Digsby. Alasannya sederhana, karena Digsby lebih baik (^_^)..

Dengan Digsby kini kita dapat memantau semua account IM kita dan chatting dengan teman-teman yang ada di daftar teman kita pada berbagai protocol, seperti Yahoo Messenger, Google Talk, AIM, ICQ, dan Jabber (Ke-lima-nya sudah didukung oleh Digsby). Selain itu kita juga dapat memantau beragam e-mail (Yahoo mail dan GMail), dan juga memantau kehidupan social network kita seperti Facebook dan MySpace.

Dengan adanya Digsby maka waktu produktif kita tidak akan banyak terbuang karena kita tidak perlu lagi membuka banyak tab atau browser window kemudian me-refreshnya terus menerus hanya untuk memantau Facebook, MySpace, atau account Yahoo Mail dan GMail kita. Bahkan kita tidak perlu memantau Digsby itu sendiri !! karena secara otomatis Digsby dapat memberikan peringatan atau pemberitahuan ke kita apabila ada update pada social network atau e-mail kita.

Saat ini Digsby masih bersatus alpha/beta dan dapat di download di : http://www.digsby.com