Minggu, 24 Februari 2008

Pidgin, Solusi Alternatif untuk Multiprotocol Instant Messenger …

Sekarang ini kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Instant Messenger, atau yang biasa disingkat IM. Hampir semua yang memiliki account Yahoo Mail pernah mencicipi asyiknya chatting dengan menggunakan Yahoo Messenger Yahoo Messenger.

Yahoo Messenger adalah IM paling banyak digunakan saat ini (khusunya bagi warga Indonesia). Namun tidak sedikit pula orang yang lebih senang ber-chatting ria dengan menggunakan IM lain semisal Google Talk, AIM, ICQ, dan sebagainya. Banyak pula orang yang menggunakan lebih dari satu IM pada satu waktu.

Bagi orang yang menggunakan lebih dari satu IM pada satu waktu, pasti akan sangat merepotkan untuk membuka banyak IM client pada saat yang bersamaan. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat menggunakan Pidgin.

Pidgin adalah salah satu software Multiprotocol Instant Messenger yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan Pidgin kita cukup menggunakan satu client software untuk mengakses semua account kita di berbagai IM yang berbeda.

Pidgin mendukung berbagai macam protocol dalam jumlah yang jauh lebih banyak dibanding saingan terdekatnya Trillian, bahkan tetap lebih banyak dibandingkan Trillian Pro atau Trillian Astra sekalipun. Dan satu hal yang membuat Pidgin lebih baik lagi dibanding software-software sejenisnya adalah Pidgin dapat kita download secara FREE.

Pidgin dapat di download pada link berikut : http://www.pidgin.im/