Kamis, 09 Januari 2014

Bitcoin ATM

Bitcoin ATM

Semakin diterimanya Bitcoin oleh masyarakat dunia dan juga pemerintah di beberapa negara membuat beberapa perusahaan menyadari potensi untuk membuat ATM khusus untuk Bitcoin. Penulis telah menemukan beberapa perusahaan yang mengembangkan ATM khusus untuk Bitcoin ini, yaitu Bitcoinacs, BitAccess, Robocoin, dan Genesis Coin Inc.

Vancouver menjadi kota pertama di dunia yang memiliki Bitcoin ATM (keluaran Bitcoinacs), lalu akan disusul oleh Hongkong (keluaran Robocoin), dan berikutnya Toronto di Kanada juga akan segera memiliki Bitcoin ATM keluaran dari BitAccess. Sebenarnya Robocoin juga tertarik untuk meluncurkan ATM Bitcoin ini di Taiwan, namun belum mendapatkan persetujuan pemerintah. Berdasarkan data dari berbagai sumber, hingga artikel ini ditulis, baru ada satu ATM Bitcoin yang benar-benar beroperasi di dunia, yaitu di Vancouver. Sepengetahuan penulis, sebenarnya telah ada satu Bitcoin ATM juga di San Diego, Amerika Serikat semenjak beberapa bulan lalu, namun entah mengapa Bitcoin ATM di San Diego tersebut tidak banyak mendapatkan perhatian media.



Setelah ATM Bitcoin pertama di dunia diluncurkan di Vancouver, masyarakat sangat antusias menggunakannya. Pada minggu pertama beroperasi saja ATM ini telah melayani transaksi sebesar $100,000 CAD. Bagaimana ya bila ATM Bitcoin ini diluncurkan di Indonesia?