Minggu, 18 Agustus 2013

Membuat Bitcoin Wallet

Pada artikel sebelumnya mengenai Cara Kerja Bitcoin, kita bisa mendapatkan penjelasan singkat mengenai apa itu Bitcoin Wallet, dan bagaimana cara kerjanya. lalu sekarang, bagaimana caranya membuat bitcoin wallet?

Bitcoin adalah mata uang digital yang terdesentralisasi. Tidak seperti Liberty Reserve, E-Gold, C-Gold, dsb yang mengharuskan anda membuat account di situs tertentu, anda tidak terikat pada satu situs untuk menyimpan Bitcoin anda. bahkan bila anda mau, anda bisa menyimpannya secara offline di komputer, HP, atau perangkat anda sendiri, anda tidak harus menyimpannya secara online.

Software Wallets

Ada beberapa pilihan software untuk menyimpan wallet secara offline di perangkat desktop anda, seperti Multibit, Armory, Electrum, dsb. Masing-masing software tersebut tersedia untuk platform Windows, Mac, maupun Linux. Selain itu ada juga software resmi dari Bitcoin.org, yaitu Bitcoin-QT.

Mobile Wallets

Mobile wallets sebenarnya sama saja dengan software wallets untuk desktop, hanya saja dikhususkan untuk perangkat bergerak seperti smart phone. Anda dapat mencarinya di Google Play, iTunes, dan juga BB AppWorld dengan kata kunci "Bitcoin Wallet".

Yang perlu anda perhatikan ketika anda akan menginstall Mobile Wallets adalah, apakah software yang akan anda install itu benar-benar peer to peer, atau-kah hosted wallet. Peer to peer wallet akan menjamin bahwa bitcoin anda benar-benar hanya tersimpan di perangkat anda. Sedangkan hosted wallet hanya sekedar interface saja, bitcoin anda disimpan di server mereka.

Web Wallets

Ketika pertama kali mengetahui mengenai bitcoin beberapa tahun lalu, penulis memilih untuk menggunakan Flexcoin untuk menyimpan bitcoin wallet penulis. Alasannya adalah, Flexcoin benar-benar seperti bank dan memberikan bunga yang cukup lumayan pada waktu itu.

Lalu setelah itu, penulis mencoba instawallet karena kepopulerannya yang terus menanjak. Instawallet benar-benar sangat mudah dan nyaman untuk digunakan, sayangnya saat ini layanan ini telah berhenti beroperasi.

Beberapa waktu kemudian, kecewa dengan Flexcoin karena transaksinya yang lambat, penulis mencoba untuk mencari Web Wallet lainnya, lalu akhirnya penulis menggunakan BlockChain hingga sekarang. menurut penulis ini adalah web wallet yang paling bisa diandalkan saat ini. versi mobilenya juga tersedia.

---

Memilih untuk menyimpan sendiri, atau menggunakan hosted wallet itu sepenuhnya tergantung kebijaksanaan anda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apabila anda memutuskan untuk menyimpan bitcoin di perangkat anda sendiri anda akan lebih merasa aman dan nyaman karena anda tahu bahwa hanya anda yang memiliki akses ke perangkat anda, namun begitu perangkat anda rusak, atau hilang dicuri, maka hilang pula lah bitcoin anda.

Apabila anda memutuskan untuk menyimpan bitcoin secara cloud di hosted wallet, anda tidak perlu khawatir apabila komputer atau handphone anda hilang atau rusak, karena bitcoin anda tersimpan secara aman di cloud dan dapat diakses dari perangkat lainnya. namun kekurangannya, apabila penyedia layanan hosted wallet tersebut terkena hack, atau berhenti beroperasi, dsb, maka keberadaan bitcoin anda juga akan terancam.

Sebenarnya sama saja dengan uang biasa, anda dapat menyimpan sendiri di dompet anda, atau anda dapat menyimpannya di bank. kelebihan dan kekurangannya juga kurang lebih sama. apabila dompet anda hilang atau dicuri orang, ya hilang pula-lah uang anda. atau apabila anda menyimpan di bank, lalu bank tersebut bermasalah seperti kasus Bank Century, maka uang anda juga terancam hilang. semuanya kembali kepada kebijaksanaan anda.