Senin, 05 Agustus 2013

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Semakin populernya Bitcoin belakangan ini mungkin menyebabkan kita bertanya, bagaimana cara mendapatkan bitcoin?

Bitcoin sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mata uang lainnya yang anda tahu, cara untuk memperolehnya pun bisa kurang lebih sama. Misal Dollar, untuk mendapatkan dollar, anda dapat menukarkan rupiah anda di money exchange, atau menjual barang dengan harga dalam dollar, atau mungkin mengikuti program-program gratis di internet dengan imbalan dollar. Bitcoin juga bisa didapatkan dengan cara yang serupa.

Bitcoin Exchange.

Bitcoin exchange terbesar dan tertua di internet adalah MtGox. Melalui websitenya, mtgox.com, mereka mengklaim bahwa hingga saat ini, 80% dari semua trading bitcoin terjadi melalui Exchange ini. penulis pernah mencoba exchange ini dan merasa cukup puas dengan layanannya.

Bitcoin exchange lainnya yang cukup populer dan pernah penulis coba adalah CampBX, campbx.com. namun setelah beberapa saat menggunakannya, penulis memilih untuk menggunakan MtGox kembali.

Daftar lebih lengkap mengenai Bitcoin exchange dapat anda lihat di link berikut, https://en.bitcoin.it/wiki/Category:Exchanges.

Jual beli barang dengan Bitcoin (Market Place)

Cara lainnya untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan menggunakan marketplace. Apakah anda pernah menggunakan eBay? dengan menggunakan eBay anda dapat menjual barang secara global dan mendapatkan uang dalam Dollar. Marketplace yang mirip dengan eBay ada juga untuk Bitcoin, yaitu Bitmit, bitmit.net. Dengan Bitmit anda dapat menjual barang dalam berbagai kategori dan mendapatkan pembayaran dalam Bitcoin.

Bitcoin Gratis.

Apabila anda telah melanglang buana di internet cukup lama, dan pernah berusaha untuk mendapatkan dollar gratis di internet, mungkin anda telah menemukan beberapa layanan yang menawarkan dollar gratis untuk anda, cukup dengan melihat iklan-iklan tertentu di internet. layanan serupa juga ada untuk Bitcoin.

Salah satu layanan yang cukup penulis referensikan adalah BitVisitor. Cara menggunakannya cukup mudah, dan imbal hasilnya cukup baik dibanding layanan lain. Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai BitVisitor melalui link ini.

Layanan lainnya yang menurut penulis memberikan imbal hasil yang cukup baik adalah CoinAd. cara menggunakannya sedikit lebih sulit dibanding Bitvisitor, dan anda perlu mendaftar terlebih dahulu, iklannya pun terbatas hanya sekitar 3 hingga 5 iklan saja per hari. Namun walaupun begitu, CoinAd tetap jauh lebih baik dibanding kebanyakan layanan bitcoin gratis lainnya. Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai CoinAd melalui link ini.

Layanan lain yang dapat anda coba adalah BitHits. Layanan ini adalah layanan yang paling mudah digunakan, tidak perlu mendaftar, tidak perlu mengisi captcha, bahkan tidak perlu melihat iklan sama sekali. cukup memasukkan alamat bitcoin anda dan click submit, selesai. Namun tentu imbal hasilnya tidak sebaik BitVisitor dan CoinAd. Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai BitHits melalui link ini.