Minggu, 26 Mei 2013

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin, mata uang digital yang akhir-akhir ini makin populer, termasuk juga di Indonesia. Bagi anda yang belum tahu apa itu Bitcoin, mungkin artikel ini bisa membantu anda.

Bitcoin didengungkan pertama kali pada tahun 2008, oleh seseorang (atau institusi rahasia) dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Nakamoto menjelaskan bahwa Bitcoin adalah sistem pembayaran elektronik yang dilakukan secara peer to peer.



Mirip seperti cara kerja Torrent, apabila anda berbagi file menggunakan Torrent, maka anda mengirimkan file dari komputer anda langsung ke komputer rekan anda tanpa perantara. Demikian juga dengan Bitcoin, apabila anda mengirim Bitcoin dari komputer anda ke komputer rekan, maka Bitcoin anda akan berpindah dari komputer anda ke komputer rekan tanpa perantara siapapun, sama seperti anda menyerahkan uang fisik langsung. Tenang saja, semua transaksi Bitcoin akan diverifikasi oleh juta-an orang diseluruh dunia yang menggunakan Bitcoin. makin banyak pengguna Bitcoin, semakin aman dan stabil-lah ekosistem Bitcoin ini.


Berbeda dengan transfer uang pada sistem per-bank-an biasa. Apabila anda ingin mengirim uang dari rekening bank anda ke rekening bank rekan maka anda dan rekan harus memiliki rekening bank, lalu bank anda akan mendebit rekening anda, mentransfer ke bank rekan, dan akhirnya bank rekan akan meng-kredit rekening rekan anda. Bisa ada banyak perantara dalam sistem perbankan konvensional.


Perbedaan lain antara Bitcoin dengan mata uang konvensional adalah, Bitcoin tidak dikeluarkan oleh negara manapun, yang artinya tidak ada peraturan pemerintah yang bisa mengikat Bitcoin, yang juga berarti, transaksi Bitcoin tidak tersentuh pajak.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Bitcoin, anda dapat juga membaca :