Jumat, 21 Agustus 2009

MySpace tiba-tiba menjadi developer terbesar di Facebook

 

Posisi Facebook yang makin lama makin mengungguli MySpace membuat MySpace "kebakaran jenggot". Berbagai upaya telah dilakukan MySpace untuk merebut kembali tahta social network nomor satu ini, tapi tetap saja belum membuahkan hasil. Namun berita sangat mengejutkan datang 2 hari lalu, sebab tiba-tiba saja dalam waktu 1 hari MySpace berhasil menjadi developer nomor 1 di Facebook.


Beberapa hari lalu, tepatnya pada tanggal 19 Agustus 2009, MySpace baru saja mengumumkan akuisisinya terhadap iLike. iLike adalah salah satu aplikasi pertama yang dibangun di Facebook semenjak 2007 lalu. Hanya dalam waktu 2 minggu semenjak diluncurkan, iLike berhasil menambah jumlah penggunanya dari 0 (nol) menjadi 2 juta pengguna. Dan kini, 2 tahun kemudian, iLike digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna aktif per bulannya.


Akuisisi iLike oleh MySpace ini membuat MySpace menjadi developer terbesar di Facebook. Setelah mengalami kesulitan mengungguli Facebook dari jumlah pengguna aktif, kini MySpace justru tiba-tiba mendapatkan banyak pengguna baru dari dalam tubuh Facebook sendiri, paling tidak sekitar 10 juta pengguna aktif baru perbulannya. Jumlah yang cukup Masiv menurut saya. (seperti kanker ya?)

Saya sendiri melihat banyak sekali keuntungan yang didapatkan MySpace dari proses akuisisi ini. Pertama, tentu saja dari sisi jumlah pengguna yang meningkat. Kedua, jumlah pengguna ini didapat dari Facebook, yang artinya, makin populer Facebook maka makin banyak juga pengguna baru dari iLike (MySpace) ini. Ketiga, dan yang menurut saya paling penting adalah, misi iLike sudah sejalan dengan MySpace. MySpace akan menghemat banyak sekali sumber daya (dana, waktu, manusia) secara besar-besaran dengan mengakuisisi iLike.

Seperti yang kita ketahui, MySpace sudah semenjak lama berusaha "mengkaitkan" dirinya dengan dunia musik. Sudah banyak sumber daya yang dikerahkan MySpace untuk mencapainya. Di sisi lain, iLike telah berhasil menjadi salah satu penyedia jasa terpenting di dunia musik. iLike telah menciptakan platform yang sangat berharga bagi para artist, band, dan sponsor. Artist dapat mempublikasikan karya-karya mereka melalui berbagai aplikasi iLike, cukup hanya dengan menggunakan "Universal Artist Dashboard". Dengan memasukkan semua kelebihan iLike ke dalam MySpace, maka saya rasa MySpace akan segera menjadi "raksasa" baru dalam dunia musik.


O ya, keunggulan lainnya dari iLike adalah, iLike tidak hanya mengembangkan aplikasi untuk Facebook, tetapi juga untuk Bebo, Orkut, Hi5, dan iGoogle. Sehingga social network manapun yang populer di masa depan, maka MySpace juga akan ikut terbawa.

Cukup cerdas juga ya? (^_^)

(source publishedmind, insidefacebook. image from chrisjagers, vator, mashable, zee)