Kamis, 20 Agustus 2009

Google Insight for Search

Google insight for search sebenarnya sudah diluncurkan semenjak tahun lalu, namun banyak yang belum mengetahui kegunaannya atau bahkan banyak yang sama sekali tidak mengetahui keberadaannya.


Dengan menggunakan insight for search, kita dapat mengetahui apa yang sedang menjadi topik hangat di dunia, atau di negara tertentu, pada periode waktu tertentu. Apabila anda seorang pengguna Adwords, tools ini akan sangat berguna bagi anda, atau apabila anda seorang marketing, tools ini juga dapat membantu anda menganalisa apa yang disukai oleh masyarakat pada wilayah tertentu, dan masih banyak lainnya.

Sebagai contoh, dengan menggunakan insight saya dapat mengetahui bahwa ternyata masyarakat indonesia lebih banyak menggunakan Google untuk mencari link-link download tertentu (hehe..nggak heran juga sih).



Pada 2004, link yang banyak dicari adalah link untuk download video, dan pada 2009 ini link yang dicari lebih banyak link download mp3.

Kita juga dapat menganalisa kata kunci apa yang paling menarik pada suatu provinsi tertentu. Misalnya, kata kunci yang paling banyak dicari di DKI Jakarta dalam 90 hari ini adalah :



Dan Kata kunci yang makin banyak dicari di DKI Jakarta dalam 90 hari ini adalah.



Atau bahkan dengan Insight saya juga dapat melihat, siapa yang lebih top di antara 3 pasangan capres.



Ternyata graphic di atas benar-benar menunjukkan hasil pemilu ya? SBY selalu lebih top dibanding mega (keculai pada April-Mei 2009), dan JK berada di posisi yang paling tidak ngetop. Namun, dibanding ketiga capres tadi, posisi paling top ternyata di tempati oleh Noordin M. Top. (^_^).

Anda dapat juga menggunakan Insight pada alamat http://www.google.com/insights.

Beberapa hari lalu, Google juga baru saja menambahkan bahasa dan fitur-fitur baru. Penjelasannya dapat anda lihat pada video berikut :



(source publishedmind)