Jumat, 14 Agustus 2009

Friendfeed diakuisisi oleh Facebook

Berita yang cukup heboh datang beberapa hari lalu. Pada 10 Agustus 2009 lalu, Facebook mengumumkan bahwa mereka baru saja membeli Friendfeed. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut maka sebagian besar saham (atau seluruhnya) menjadi milik FB, dan semua pegawainya yang berjumlah 12 orang itu kini bekerja untuk Facebook.


Selama Facebook berdiri, kegiatan mengakuisisi ini sebenarnya bukanlah budaya FB. Tercatat baru ada dua kali akuisisi sepanjang sejarah FB. 2 tahun lalu FB pernah mengakuisisi sebuah perusahaan Web OS, yaitu Parakey. Pada waktu itu, tujuan utama FB sebenarnya adalah agar 2 orang pendiri Parakey itu bekerja untuk FB. Dan pada akuisisi kali ini sepertinya juga sama, FB berharap agar semua pendiri Friendfeed bekerja untuk FB jg.

Perlu diketahui bahwa Friendfeed didirikan oleh nama-nama penting yang sangat berjasa dalam tahap-tahap awal pembuatan GMail dan Google Maps. FB berharap dengan akuisisinya ini mereka akan dapat menghasilkan produk-produk (fitur) baru yang dapat menyedot pengguna dengan jumlah yang cukup besar.

Sebelumnya, tahun lalu FB juga terlibat pembicaraan yang cukup "alot" dengan Twitter. FB benar-benar ingin meminang Twitter untuk menjadi keluarganya, namun setiap tawaran yang diajukan oleh FB selalu ditolak oleh Twitter. Walaupun gagal meminang Twitter, FB terus melaju untuk "mengupgrade" FB menjadi lebih mirip menjadi Twitter (baca juga "Facebook terus meniru Twitter"). Dengan akuisisi Friendfeed ini, yang menurut saya mirip FB dan sekaligus mirip Twitter, Twitter sepertinya benar-benar dalam bahaya.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai proses akuisisi Friendfeed oleh FB ini, anda dapat membacanya pada melalui link ini.

(source publishedmind, insidefacebook)