Kamis, 13 Agustus 2009

Facebook Lite. Versi baru dari Facebook yang lebih cepat dan lebih mudah digunakan.

Kemarin, 12 Agustus 2009, Facebook baru saja menguji coba versi tampilan baru dari Facebook, yaitu Facebook Lite. Facebook menjanjikan versi baru ini akan jauh lebih cepat dan lebih mudah digunakan, namun Facebook Lite memang bukan untuk semua orang. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Facebook versi standard mungkin justru akan merasa "risih" menggunakan Lite.


Facebook Lite saat ini baru diuji-cobakan di negara-negara yang memiliki tingkat pertumbuhan pengguna FBnya tinggi, dan memiliki keterbatasan pada infrastruktur internetnya. Banyak fitur yang "dipangkas" dari Facebook versi standard, bahkan Lite lebih mirip FB versi mobile dibanding versi standard.

Kira-kira seperti inilah tampilan Lite.


Seperti yang dapat anda lihat di atas, Tab-tab yang tadinya ada di atas profile kita kini berada di samping di bawah photo user. Semua basic info dan kotak-kotak profile yang tadinya ada di bawah photo juga dihilangkan. Dan yang paling jelas terlihat adalah tidak adanya (tidak terlihat) text box untuk memberi comment di wall. Selain itu pada tampilan Home, Stream-nya juga dipangkas habis hingga hanya bisa melihat update status saja.

Berikut ini adalah kutipan dari juru bicara FB :

We are currently testing a simplified alternative to Facebook.com that loads a specific set of features quickly and efficiently. Similar to the Facebook experience you get on your mobile phones, Facebook “Lite” is a fast-loading, simplified version of Facebook that enables people to make comments, accept Friend requests, write on people’s Walls, and look at photos and Status updates. We are currently testing Facebook Lite in countries where we are seeing lots of new users coming to Facebook for the first time and are looking to start off with a more simple experience.
This evening, the test was temporarily exposed to a larger set of users by mistake.  We have not opened up access to lite.facebook.com to all users at this time.  People who are not part of the test and are trying to access “Lite” will be directed to Facebook.com as usual.

Bagi kita yang terbiasa menggunakan FB, mungkin memang agak "risih" untuk menggunakan FB Lite, namun bagi mereka, member baru dan member yang memiliki keterbatasan internet, sepertinya FB Lite benar-benar akan sangat membantu mereka dalam menggunakan situs social network raksasa ini.


(source publishedmind, insidefacebook)