CEO Google, Eric Schmidt mengundurkan diri dari dewan komisaris Apple

Berita ini baru saja keluar beberapa saat lalu, CEO Google, Erich Schmidt baru saja mengundurkan diri dari posisinya sebagai dewan komisaris Apple.


Banyak rumor beredar mengenai pengunduran diri ini, bahkan ada beberapa rumor yang mengatakan bahwa mungkin saja Steve Jobs menuduh Shcmidt mencuri beberapa ide Apple untuk kemudian diterapkan di Google. Persis seperti salah satu adegan di film "Pirates of Silicon Valley" saat Jobs menuduh Bill Gates mencuri idenya tentang GUI untuk kemudian diterapkan di Windows. Namun itu hanya rumor, berikut ini adalah pernyataan resmi dari Apple mengenai pengunduran diri Schmidt.

Apple today announced that Dr. Eric Schmidt, chief executive officer of Google, is resigning from Apple’s Board of Directors, a position he has held since August 2006.

“Eric has been an excellent Board member for Apple, investing his valuable time, talent, passion and wisdom to help make Apple successful,” said Steve Jobs, Apple’s CEO. “Unfortunately, as Google enters more of Apple’s core businesses, with Android and now Chrome OS, Eric’s effectiveness as an Apple Board member will be significantly diminished, since he will have to recuse himself from even larger portions of our meetings due to potential conflicts of interest. Therefore, we have mutually decided that now is the right time for Eric to resign his position on Apple’s Board.”

Berikut ini pernyataan resmi dari Schmidt.

I have very much enjoyed my time on the Apple Board. It’s a fantastic company. But as Apple explained today we’ve agreed it makes sense for me to step down now.

Schmidt telah bergabung dalam jajaran komisaris Apple semenjak Agustus 2006. Pada saat itu inti kegiatan Google memang di dunia maya, dan tidak ada yang tumpang tindih dengan inti kegiatan Apple. Namun dalam waktu yang sangat singkat, tidak sampai 3 tahun kemudian, Google telah melakukan expansi yang luar biasa dengan mengeluarkan Chrome (rival dari Safari) dan juga Android (rival dari OS X), bahkan saat ini Google sedang mengerjakan Chrome OS yang mungkin saja akan menjadi cikal bakal rival dari Mac.


Menurut saya, apabila tumpang tindih seperti ini sepertinya memang lebih baik bagi Schmidt untuk mengundurkan diri dari Apple. Selain untuk menghindari tuduhan "ini-itu" oleh Apple, juga untuk menjaga hubungan baik Google dengan Apple. Dan tentu juga, dengan pengunduran dirinya ini, Schmidt dapat lebih fokus lagi bekerja di Google.

(source techcrunch, techmeme)

Postingan populer dari blog ini

DimP. Kendalikan jalannya video dengan menggerakkan objek di dalam video tersebut

Sejarah Facebook

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin? (2)