Rabu, 05 Agustus 2009

Al-Hakawati. Raksasa Pencerita Dari Dubai

Beberapa saat lalu saya pernah menulis artikel mengenai "Gawat! Robot Raksasa Gundam Telah Mendarat Di Tokyo". Pada saat itu sepertinya tidak akan ada lagi robot lain yang bisa mengalahkan ke-"digdaya"-an robot raksasa setinggi 18 meter itu, bahkan robot raksasa Gigantor di Kota Kobe. Namun ternyata, Dubai punya kejutan yang jauh-jauh lebih dahsyat di banding Gundam.


Al-Hakawati adalah konsep design yang dibuat untuk kompetisi di Dubai. Apabila design ini menang dan disetujui untuk dibuat, maka Dubai akan memiliki patung yang ukurannya jauh-jauh lebih besar dibanding Gundam Odaiba, dan Gigantor Kobe. Apabila jadi, maka Al-Hakawati akan dibangun di Zaabeel Park, Dubai.


Tidak jelas berapa tepatnya ukuran dan ketinggian patung ini, namun yang pasti di dasar kaki dari patung ini terdapat perpustakaan anak-anak. Rongga tubuhnya juga akan terbagi-bagi dalam ruangan-ruangan untuk bersantai, membaca, dan melakukan berbagai aktivitas sosial lainnya. Tiap ruangan akan memiliki tema masing-masing, mulai dari ruang hijau, ruang kristal, bahkan hingga ruang emas yang akan terdapat di rongga matanya.


Sesuai dengan namanya, Al Hakawati, yang berarti pencerita atau pendongeng. Patung ini juga dapat bercerita kepada semua orang yang ada di Zaabeel Park, Dubai. Bahkan sambil bercerita, patung ini juga dapat menggerakkan tangan dan kepalanya untuk membuat cerita tadi lebih hidup. Namun, walaupun patung ini dapat bergerak, orang-orang yang berada di dalamnya tidak akan merasakan pergerakan sama sekali. Lift juga tetap dapat dipakai selama patung ini bergerak.


Menurut saya, sepertinya akan terlalu mengerikan apabila patung ini benar-benar dibuat. Pembangunan patung raksasa seolah bertentangan dengan semangat Islam, dan saya rasa akan mendapat banyak perlawanan dari berbagai pihak. Apalagi dengan kemampuan geraknya dan ukurannya yang se-masive ini, bukan hal yang mustahil patung ini akan mulai dipuja olah banyak orang.


(source designboom)