Rabu, 01 April 2009

Siapa sebenarnya penemu iPod ?

Tahukah anda bahwa sebenarnya iPod ditemukan pada tahun 1979 di Inggris, dan bukan pada tahun 2001 di California seperti yang sering kita dengar?

Kane Kramer adalah seorang penemu yang telah mematenkan banyak karya. Pada tahun 1979, Kramer(23) bersama kawannya, James Campbell(21) memiliki ide untuk membuat perangkat musik portable yang bisa dimasukkan dalam kantong. Mereka menamakan karya mereka tersebut IXI.


Berbeda dengan Sony Walkman yang dibuat memang sesuai untuk masanya, sepertinya IXI dibuat jauh melampui masanya. IXI memiliki layar dan tombol 4 arah untuk navigasinya. Dan di semua presentasinya kepada investor, kedua inventor muda ini selalu menyebutkan bahwa IXI akan memiliki ukuran tidak lebih dari kotak rokok. Hmmmh, persis seperti iPod ya?

Walaupun pada masa itu sebuah Chip Memory hanya memiliki kapasitas untuk menampung musik dengan total durasi 3.5 menit, namun Kramer yakin kemampuan Chip Memory akan meningkat dengan sangat pesat. Dia percaya bahwa ketika hal itu terjadi, pasar dan record labels akan sangat menyukai perangkat digital ini. Bahkan walaupun konsep ini dibuat pada 1979, konsep ini tetap jauh lebih unggul dari iPod ketika iPod pertama kali dipasarkan. IXI mampu menyimpan data-datanya pada sebuah flash memory (semacam memory card), dan tidak hanya pada Hard Disk seperti yang ada pada iPod.

Namun ada yang jauh lebih mengejutkan lagi dari temuan Kramer ini, yaitu pada infrastruktur di belakang perangkat portable ini. Pada 1979, Kramer telah membuat konsep toko musik online persis seperti iTunes Store. Padahal pada masa itu belum ada internet seperti pada saat ini.


Kramer membuat konsep bahwa semua musik akan disimpan di server pusat, dan didistribusikan ke berbagai toko musik melalui jaringan telephone (pada masa itu belum ada internet dan komputer rumahan). Selanjutnya, konsumen yang menginginkan musik tertentu dapat mendatangi toko-toko musik terdekat, lalu mendownload berbagai musik yang diinginkan melalui jaringan telephone langsung ke dalam perangkat IXI mereka. Dan apabila memory konsumen telah penuh, konsumen tidak perlu membeli IXI baru, cukup membeli flash memory baru seperti membeli kaset.

(source wired)