Senin, 27 April 2009

Cara cepat melakukan searching di Gmail.


Sudah pada tahu kan kalau search box di GMail sekarang juga ada autocomplete-nya ? nah, ternyata nggak cuma fitur autocomplete aja yang bikin searching di GMail jadi lebih nyaman, tapi Google juga menawarkan beberapa operator pencarian yang benar-benar mempermudah hidup kita...(hehe, nggak terlalu berlebihan juga sih).

from:, to:, dan subject:
Masing-masing operator di atas berfungsi persis seperti perintahnya. Misalnya anda ingin mencari e-mail yang hanya dikirimkan oleh kawan anda, Rizal, maka perintah yang anda masukan pada search box adalah
from:rizal
Atau anda juga dapat menambahkan kata-kata yang ingin anda cari. Misalnya anda mencari e-mail dari Rizal yang berisi mengenai janji meeting, maka perintah yang dapat anda gunakan adalah
from:Rizal "janji meeting"
Cara menggunakan to:, dan subject: juga kira-kira sama dengan cara penggunaan from:.

label:
Cara penggunaanya masih sama seperti cara penggunaan from:, hanya saja operator ini berfungsi untuk mencari e-mail yang telah anda tempeli label tertentu. Masih banyak orang yang belum mengerti cara menggunakan label, tapi menurut saya sistem label memang jauh lebih baik dibanding sistem folder yang diterapkan Yahoo Mail.
label:Properti Jual Rumah
Atau apabila anda ingin membuka e-mail yang berisi file-file tertentu anda dapat menggunakan operator has: seperti yang dapat dilihat di gambar di bawah ini.


Untuk melihat operator-operator lainnya anda dapat membuka halaman resminya dari Google.

(source gmail)