Selasa, 27 Januari 2009

Peta Galaxy ala Star Wars

Mungkin sebagian besar dari kita sudah sangat hapal susunan planet-planet dan benda angkasa dalam tata surya kita. Namun bagaimana dengan susunan bintang-bintang dan benda-benda angkasa lainnya dalam Galaxy kita? Bagi yang ingin mempelajarinya mungkin bisa lihat peta di bawah ini.


The Galaxy merupakan salah satu galaxy di antara trilyunan galaxy yang ada di jagat raya. Galaxy ini memiliki diameter sekitar 120 ribu tahun cahaya, atau 37 ribu parsecs (1 parsecs = 3,258 tahun cahaya).

Terdapat sekitar 400 milyar bintang di dalam The Galaxy ini. Dan sekitar separuhnya memiliki planet-planet yang mampu menunjang kehidupan. 10% diantaranya merupakan kehidupan yang memiliki peradaban.


Hehehe..peta di atas bukan peta sungguhan, melainkan peta dari benda-benda angkasa yang ada di Star Wars. Peta ini juga dilengkapi juga dengan jalur-jalur worm hole (jalan tol-nya luar angkasa) yang menghubungkan berbagai tempat di Galaxy kita.

Walaupun bukan sungguhan, namun menurut saya peta tersebut sungguh-sungguh menakjubkan. Bukan hal yang mustahil peta tersebut benar-benar akan dibuat dalam beberapa abad mendatang, komplit dengan jalur-jalur worm hole, letak planet-planet dengan peradabannya, daerah-daerah kekusasan berbagai pemerintahan, dan sebagainya.


(source wookiepedia)