Senin, 29 September 2008

Machinima. Cara mudah memproduksi film 3D

Pernah dengar kata Machinima? Saya juga tidak tahu definisi sebenarnya dari Machinima apa, tapi menurut pengertian saya, Machinima adalah teknik membuat film 3D dengan cara menggerakkan karakter-karakter dan objek-objek dalam suatu permainan 3D. Contoh dari permainan 3D itu adalah Second Life, Entropia Universe, World Of Warcraft, atau bahkan juga Counter Strike dan GTA. Game 3D apapun bisa, tergantung pada kreatifitas sang produser. Adegan-adegan dalam game tersebut kemudian direkam, dan dikumpulkan untuk diedit lagi dengan software pengolah video.

Machinima adalah cara termudah untuk membuat film 3D. Kita tidak perlu repot-repot belajar desain 3D, dan sebagainya. Namun kendalanya mungkin adalah pada royalti atau izin untuk menggunakan karakter-karakter game tersebut dalam film kita.

Solusi lain untuk ber-machinima adalah dengan menggunakan MovieStorm. Moviestorm bukan game, tapi software ini juga memiliki berbagai macam karakter dan objek yang bisa kita gerakan menciptakan adegan-adegan yang bisa kita rekam. Dengan menggunakan Moviestorm kita tidak perlu lagi mengedit adegan-adegan tersebut di software terpisah, sebab Moviestorm sudah merupakan satu paket komplit software untuk membuat Machinima. Dan kita tidak perlu takut masalah royalti atau izin untuk menggunakan karakter-karakter yang ada dalam Moviestorm. Berikut ini adalah satu contoh Machinima yang saya buat dengan menggunakan Moviestorm (^_^).






Hehe..saya baru pertama kali menggunakannya, jadi masih sangat terbatas hasilnya. Namun cukup lumayan bukan? (^_^*). Apabila anda tertarik, anda dapat mendownload dan mempelajari lebih lanjut mengenai Moviestorm pada alamat : http://www.moviestorm.co.uk