Sabtu, 27 September 2008

Google Translate kini juga mendukung bahasa Indonesia

Sudah tahu Google Translate kan ? beberapa di antara kita mungkin sudah rutin menggunakannya (misalnya saya ^_^). Kalau anda sudah pernah menggunakannya, mungkin anda tahu bahwa Google Translate tidak bisa untuk menterjemahkan bahasa indonesia ke bahasa lain, dan sebaliknya….hingga kemarin (^_^)v.

Pada hari Jum’at kemarin, Google (Translate) baru saja mengumumkan dukungannya terhadap beberapa bahasa baru, termasuk bahasa Indonesia. Jadi kini anda dapat menterjemahkan berbagai bahasa ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya. Namun mungkin anda tidak akan mendapatkan hasil yang akurat apabila anda ingin menterjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa-bahasa lain selain Inggris, sebab Google harus melakukan dua kali kerja untuk menterjemahkannya. Misalnya, apabila anda ingin menterjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Vietnam, maka Google akan menterjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dahulu, baru kemudian menterjemahkan bahasa inggris tadi ke bahasa Vietnam, sehingga mungkin hasil terjemahannya agak kacau. Hal yang sama juga berlaku jika anda ingin menterjemahkan bahasa-bahasa non inggris ke bahasa Indonesia.

O iya, mungkin anda juga memperhatikan bahwa saya telah memasang widget baru di pojok kanan atas. Widget tersebut adalah widget dari Google yang dapat menterjemahkan blog ini ke dalam berbagai bahasa lain yang telah didukung oleh Google.

(Tampilan blog ini dalam bahasa jepang ^_^*)