Digitalisasi Photo


From Published Mind


Salah satu hal yang sedang menyibukkan saya saat ini adalah digitalisasi Photo. Bahkan saat ini pun, sambil menulis artikel ini saya juga sedang me-scan photo-photo keluarga yang menumpuk berdebu di album photo kenangan kami.Hmmmh, rasanya indah sekali mengenang kehidupan kami dahulu. Ketika saya masih anak-anak, dan ketika orang tua masih sangat muda.

Salah satu hal yang menyebabkan saya menjadi tiba-tiba giat untuk mendigitalkan photo-photo kami adalah karena saya terkagum-kagum dengan kemiripan genetis yang ada di dalam keluarga kami, antara orang tua saya, saya, saudara-saudara saya, dan juga keponakan-keponakan saya yang saat ini masih berumur 1 tahun (^_^). Maksud saya adalah agar kelak mereka dapat selalu melihat bagaimana rupa kakek-nenek serta buyut-buyut mereka.

Selain itu, manfaat lain dari mendigitalkan photo adalah kita dapat mencetak lagi photo tersebut apabila photo-photo tersebut telah hilang atau rusak, bahkan walaupun kita tidak memiliki negatif photonya. Untungnya, saat ini semua sudah serba digital, termasuk kamera-kamera photo dan video yang kita gunakan saat ini, sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi mendigitalkan photo-photo baru kita.

Manfaat lainnya adalah, kita dapat dengan mudah memanipulasi atau memperbaiki kualitas photo-photo lama kita yang telah rusak. Bahkan apabila kita telah terampil menggunakan softaware pengolah gambar, kita juga dapat merubah ukuran photo-photo tadi menjadi beberapa kali lebih besar dari ukuran aslinya tanpa banyak mengurangi kualitasnya.

Selain itu, photo digital sangat mudah untuk kita share ke kerabat atau siapapun yang kita inginkan, cukup sekali click (atau beberapa kali click kali ya?) maka photo kita sudah terkirim ke orang yang kita inginkan. Hal ini jauh lebih mudah daripada apabila kita harus mengirimkan photo-photo lama kita melalui POS, kurir, dsb.

Photo digital juga dapat dengan mudah kita nikmati melalui berbagai media digital yang saat ini bertebaran disekitar kita, seperti komputer, laptop, handphone, PDA, MP4 Player, dsb.

Jadi, sudahkah anda mendigitalkan photo-photo lama anda ?

(image source picasa, flickr, digitalcamerasegment, hbc, webee, aviary, radioactivejam )

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Facebook

DimP. Kendalikan jalannya video dengan menggerakkan objek di dalam video tersebut

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin? (2)