Selasa, 12 Agustus 2008

Sarang lebah raksasa setinggi 1174 kaki (^_^)


Sarang lebah yang satu ini sangat istimewa. Selain ukurannya yang sangat besar, sarang lebah ini pun bukan dibangun oleh lebah, melainkan oleh manusia (^_^).
Sarang lebah raksasa yang terletak di Tianjin, China ini memiliki nama resmi Sinosteel International Plaza.  Menara ini diperkirakan akan menyelesaikan proses pembangunannya pada 2012.
 
Selain desainnya yang unik,  menara setinggi 1174 kaki ini dapat berdiri kokoh tanpa rangka dalam sama sekali. Rangka luarnya yang meniru bentuk sarang lebah ini memungkinkan menara ini untuk meletakkan seluruh bobotnya cukup pada rangka luarnya saja. Selain sangat kuat, bentuk sarang lebah ini juga membuat menara ini memiliki desain yang indah dilihat, baik dari dalam bangunan maupun dari luar.
 
Kelebihan lain dari bentuk sarang lebah ini, selain dari kekuatan dan keindahannya, adalah pada optimalnya penggunaan ruang beserta efeknya terhadap angin dan cahaya matahari. Bentuk sarang lebah ini memungkinkan menara ini untuk tetap hangat di kala suhu luar dingin, dan tetap sejuk di kala suhu luar panas.
(source gizmodo)