Minggu, 17 Agustus 2008

Pernah dengar istilah “Organisme bersel tunggal”?. Nah, organisme berikut ini adalah organisme bersel robot (^_^)

Pernah dengar istilah “organisme bersel tunggal” ?. Organisme ber-sel tunggal adalah organisme yang hanya terdiri dari satu sel (mohon maaf apabila salah, saya juga kurang mengerti ^_^). Nah, kalau kita, manusia, adalah organisme yang terdiri dari banyak sel.

Artikel ini bukan mau membahas mengenai biologi. Dan istilah “organisme bersel robot” disini pun hanya karangan saya saja. Sebab setelah saya melihat beberapa video berikut, bukan hal yang mustahil, suatu saat di masa depan akan ada suatu organisme kompleks, yang tersusun dari banyak robot di tubuhnya. Mari kita simak beberapa video berikut :









Setiap satu robot (atau setiap sel) pada video di atas, memiliki otak, otot, sensor, dan sumber tenaganya masing-masing. Setiap robot disini dapat berpikir dan memutuskan, apakah mereka perlu saling bekerja sama atau tidak untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. Apabila mereka memutuskan untuk bekerjasama, mereka dapat bergabung menjadi berbagai macam bentuk organisme yang lebih kompleks, lebih cerdas, dan lebih mampu untuk menyelesaikan tugas mereka.





Misalnya, apabila mereka ingin ke suatu tempat yang tinggi, mereka dapat bergabung dan membentuk robot laba-laba yang mampu memanjat dengan lebih mudah. Apabila mereka ingin menyebrangi suatu jurang (atau tepi meja), mereka dapat bergabung dan membentuk semacam tangan raksasa (dibanding ukuran mereka) yang dapat menggapai ujung meja diseberang. Apabila mereka ingin pergi dengan cepat ke suatu tempat yang jauh, mereka dapat bergabung membentuk roda, dan kemudian menggelinding dengan cepat. Dan sebagainya.

Mereka juga dapat bergabung menjadi robot yang berbentuk seperti manusia untuk bertarung dengan robot lainnya. Dan apabila mereka kalah, atau hancur berkeping-keping, setiap kepingan sel-nya dapat bergabung lagi dan membentuk robot lain yang lebih handal, mereka juga dapat belajar dari setiap kesalahan yang mereka lakukan. Cukup mengerikan juga ya. o iya, semua yang anda lihat di sini masih sekedar prototype.