Sabtu, 16 Agustus 2008

Noah. Motor canggih beroda satu

Tidak selamanya yang namanya “motor” itu beroda dua. Pada konsep berikut, motor ini hanya memiliki satu roda. Tidak ada yang namanya “roda depan”, atau “roda belakang”, apalagi roda/ban serep. Yang ada hanya “roda”.


Motor ini memiliki banyak gyroscope dan beragam sensor untuk membantu pengendaranya menjaga keseimbangan. Sensor-sensor tersebut bertugas untuk mengumpulkan data-data mengenai keadaan motor, seperti posisi motor, kemiringan, kecepatan, dan sebaginya. Data-data tersebut kemudian akan diolah oleh komputer untuk membuat motor ini tetap seimbang dan melaju dengan cepat dan nyaman.



Walupun kelihatannya hanya memiliki satu roda, namun roda ini sebenarnya adalah dua roda terpisah yang digabungkan menjadi satu. Kedua roda ini diperlukan untuk memenuhi syarat luas permukaan roda yang dibutuhkan untuk tetap menyentuh permukaan jalan ketika motor bergerak menikung. Selain itu, kedua roda ini juga membuat motor tetap nyaman digunakan pada permukaan jalan yang tidak rata. Pada kendaraan beroda satu, sedikit saja rintangan (batu, kerikil, dsb) pada permukaan jalan akan mengakibatkan motor bergoyang dengan tidak nyaman. sedangkan apabila ada dua roda maka, roda yang satu dapat menyerap hantaman yang ditimbulkan oleh rintangan tadi, sementara roda lainnya tetap melaju di jalan