Selasa, 26 Agustus 2008

DropBox. Cara paling mudah untuk men-synchron-kan file di komputer kantor dan komputer rumah anda (^_^)

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah “file sharing”, dan bahkan mungkin anda juga sudah pernah menggunakan layanan-layanan file sharing seperti box.net, wixi, 4shared, dan sebagainya. Namun menurut saya, di antara berbagai layanan sharing yang sudah pernah saya coba, belum ada satu pun yang benar-benar bisa memuaskan saya (^_^), sampai akhirnya saya menemukan Dropbox. 


Tidak seperti layanan file sharing lainnya yang mengharuskan kita untuk membuka website mereka, dan kemudian mengupload file yang ingin kita simpan atau kita sharing. Dengan DropBox kita sama sekali tidak perlu membuka browser atau mengupload apapun. Setelah kita menginstal DropBox, akan ada satu folder tambahan di My Document kita (untuk windows). Nah, apapun yang kita letakkan dalam folder itu secara otomatis akan terupload ke server mereka untuk disimpan (bukan disharing) dengan aman, sehingga kita dapat mengakses file-file kita dimanapun kita berada lewat layanan on-line mereka.
Apabila itu belum cukup memuaskan anda, anda juga dapat men-sinkron-kan komputer kantor anda, dengan komputer rumah anda. Caranya cukup instal DropBox di komputer-komputer yang ingin anda sinkron-kan. Kemudian setting account DropBox anda supaya terhubung ke komputer-komputer tersebut. Setelah itu, file apapun yang anda letakkan dalam folder DropBox di salah satu komputer tadi, akan secara otomatis terdapat juga pada folder DropBox di semua komputer yang telah anda setting tadi. Sangat praktis bukan ? (^_^)

Anda juga dapat men-sharing file anda. Caranya sangat mudah, cukup click kanan di file yang ingin anda sharing, kemudian click “Dropbox”, lalu click “Copy Public Link”. Cukup mudah bukan.
Mohon maaf kalau tidak ada screenshot. Sebab sejauh ini Dropbox memang hanya seperti folder yang seperti biasa anda lihat di folder anda, jadi saya bingung juga mau ambil screenshot apa (^_^).

Saat ini DropBox masih berstatus beta, dan masih banyak sekali fitur-fitur yang dapat ditambahkan, namun setelah menggunakannya beberapa bulan ini, saya merasa sangat puas. Apabila anda tertarik, anda dapat mendaftar untuk menjadi beta tester di alamat http://www.getdropbox.com/
Saat ini Dropbox juga mendapat pesaing, yaitu Wuala. Namun menurut saya sebaiknya anda jangan menggunakan Wuala dulu untuk saat ini, walaupun fitur mereka jauh lebih banyak dari dropbox, namun fitur mereka banyak yang tidak kita butuhkan, berat di akses, dan masih terlalu banyak bug.