Minggu, 10 Agustus 2008

Aurora. Konsep browser masa depan dari Mozilla


Saat ini, siapa yang tidak kenal dengan Mozilla. Apabila anda senang surfing di Internet, mungkin anda pernah atau bahkan sering menggunakan Firefox. Firefox adalah browser handal (dan juga fenomenal) keluaran Mozilla.
Walaupun Freeware, atau gratis, namun Firefox tidak kalah handal dengan browser-browser mapan keluaran perusahaan raksasa seperti Microsoft dengan IE-nya. Bahkan banyak orang sependapat bahwa Firefox jauh lebih handal dibanding IE. Kehandalan Ini salah satunya dibuktikan dengan keberhasilan Firefox yang terus menggerus pasar browser yang dikuasai IE.
Mozilla Firefox 3 baru saja diluncurkan beberapa saat yang lalu, dan tidak lama lagi Firefox 3.1 juga akan segera menyusul. Selain itu Mozilla juga sudah mulai mengerjakan browser generasi berikutnya, yaitu Mozilla Firefox 4. Namun inovasi Mozilla ternyata tidak hanya berhenti sampai disitu saja, sebab saat ini mereka sudah memiliki konsep browser yang sangat canggih untuk masa depan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak video berikut ini.
Walaupun video di atas hanya menonjolkan fitur interaktifitas antar manusia-nya saja, dan bukan pada browsernya itu sendiri (pengaturan tab, kecepatan render, keamanan, dsb), namun paling tidak itu sudah cukup bagi saya untuk bisa membayangkan betapa hebatnya browser ini.
Berikut ini adalah beberapa video lainnya mengenai Aurora :
Saya hanya bisa berdoa mudah-mudahan konsep ini benar-benar bisa direalisasikan. Dan kalau bisa jangan terlalu jauh ke depan juga direalisasikannya, soalnya saya sudah tidak sabar juga ingin menjajalnya (^_^).
(source adaptivepath)