Senin, 11 Agustus 2008

100 ribu galon air yang berfungsi sebagai penyelamat menara ketika gempa


Menara-menara pencakar langit saat ini bisa dikatakan benar-benar “mencakar” langit. Tidak sedikit menara pencakar langit modern yang memiliki ketinggian hingga di atas 500 meter. Namun semakin tinggi bangunan maka semakin sensitif pula bangunan tersebut terhadap goyangan, baik goyangan yang disebabkan oleh gempa, maupun yang disebabkan oleh tiupan angin (walaupun hanya sedikit saja).
Untuk menjaga agar menara-menara jangkung tersebut tetap berdiri kokoh ketika angin menerpa,atau ketika gempa melanda, maka diperlukan suatu teknologi yang dapat menjaga menara untuk tetap seimbang. Salah satunya adalah dengan menggunakan pendulum raksasa, seperti yang terdapat pada Taipei 101.
Teknologi lain untuk menjaga keseimbangan menara adalah dengan menggunakan air. Sejumlah besar air yang diletakkan secara seimbang di puncak menara dapat menyelamatkan bangunan dan banyak orang di dalamnya ketika gempa terjadi. Setiap goyangan yang diterima oleh menara akan menyebabkan air bergerak ke arah yang berlawanan dengan arah goyangan, hal ini akan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan sama sekali goyangan tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat kita simak pada video berikut :


Teknologi air sebagai penyeimbang menara ini akan digunakan untuk pertama kalinya oleh menara One Rincon Hill yang terletak di San Fransisco.