Minggu, 13 Juli 2008

Solusi cerdas untuk Youtube dari Kadokawa Group

Sebagai situs video sharing paling populer di dunia, Youtube sering terkena tuntutan dari berbagai pihak untuk mengganti rugi atau sekedar untuk mencabut video yang digugat oleh para pemilik license. Walaupun Youtube telah melarang penggunanya untuk mengupload konten-konten bajakan, namun tetap saja, banyak konten bajakan yang lolos terupload ke Youtube.


Kadokawa Group, sebagai pemilik license anime-anime populer seperti Lucky Stars dan The Melancholy of Haruhi Suzumiya, memiliki solusi (yang menurut saya) cerdas untuk mengatasi masalah konten bajakan di Youtube. Setiap kali Kadokawa menemukan film atau anime-animenya di Youtube, mereka tidak akan langsung menuntut Youtube, namun sebagai gantinya mereka akan menempatkan iklan di halaman user yang bersangkutan. Keuntungan dari iklan tersebut akan dibagi tiga, yaitu untuk user yang menguploadnya, Youtube, dan untuk Kadokawa sendiri. Tentunya user yang bersangkutan haruslah user yang sah, bukan user yang memiliki data-data fiktif baik nama, tanggal lahir, dan data lainnya.


Dengan solusi seperti ini, maka Youtube terbebas dari tuntuan, dan user pun tidak kehilangan video yang diuploadnya. Dan yang lebih bagus lagi adalah semua pihak mendapatkan profit dari iklan yang dipasang dihalaman user yang bersangkutan. Nilai tambah lain bagi Kadokawa adalah, Kadokawa dapat berpromosi gratis ke seluruh dunia melalui konten yang diupload user, maupun melalui iklan yang mereka tempatkan di halaman user tersebut. Jadi ini merupakan win-win-win solution (^_^).


Solusi ini sudah mulai diterapkan oleh Kadokawa dan Youtube semenjak Juni kemarin.

(source Japanprobe )