Rabu, 02 Juli 2008

SkyTran. Bagaimana bila kereta digabungkan dengan Taksi ?

Sebenarnya saya tidak tahu apakah SkyTran ini termasuk mobil, atau termasuk kereta, atau motor, dan sebagainya. Mungkin SkyTran bisa dibilang sebagai gabungan antara kereta dengan Taksi. Kendaraan ini berjalan di atas rel , serta berangkat dan berhenti pada stasiun, persis seperti kereta. Namun kendaraan ini bisa digunakan secara pribadi (1 orang) bila anda mau, atau maksimal 2 orang seperti Taksi mini (^_^).

Untuk mengoperasikan SkyTran tidak sulit. Yang perlu kita lakukan adalah mencari stasiun SkyTran terdekat, lalu naik ke SkyTran kosong terdepan. Setelah itu anda dapat menentukan tujuan anda, lalu SkyTran akan membawa anda ke stasiun tujuan anda. Namun saya tidak menemukan bagaimana mekanisme pembayaran biaya untuk menaiki SkyTran ini.


SkyTran memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kereta. Kita harus menunggu jika ingin menaiki kereta, namun pada SkyTran kita tidak perlu menunggu. Begitu kita tiba di stasiun akan selalu ada SkyTran kosong yang menanti kita. Pada SkyTran kita juga memiliki kebebasan untuk menentukan stasiun tujuan kita, tidak seperti kereta yang tergantung pada jurusan yang dilaluinya. Selain itu, kereta juga akan berhenti di setiap stasiun yang telah ditentukan, sedangkan SkyTran hanya akan berhenti pada stasiun tujuan kita, atau di stasiun manapun kita ingin berhenti.

Sky Tran juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil. SkyTran berjalan pada rel, sehingga SkyTran akan mampu membawa kita ke tempat tujuan dengan lebih cepat. O iya, SkyTran menggunakan sistem MagLev (Magnet Levitation) yang membuatnya dapat melaju sangat cepat. Bila diperlukan, SkyTran dapat melaju dengan kecepatan di atas 240 kmph (luar kota). Selain itu kita tidak akan dipusingkan dengan kemacetan, lampu merah, pak ogah, dan sebagainya karena kita memang tidak akan menemukan hal-hal semacam itu jika kita menggunakan SkyTran. Dan yang membuat kita lebih bebas lagi dari stress adalah karena kita sama sekali tidak perlu mengemudikan kendaraan ini. SkyTran dapat membawa kita ke tempat tujuan tanpa kita perlu menyetirnya sama sekali. Dan sebagai bonus, kita tidak perlu khawatir masalah parkir, tidak perlu khawatir kendaraan kita akan digores berandalan, dan sebagainya (^_^).

Menurut saya ini konsep yang bagus sekali. Bila stasiun SkyTran ini memang bisa tersebar di banyak tempat tentu akan banyak orang yang beralih dari kendaraan pribadi ke SkyTran.

(source unimodal )