Sabtu, 12 Juli 2008

Robot-robot Jepang yang mampu menyuguhkan bir

Rencana Jepang untuk perlahan-lahan menggantikan 3,5 juta tenaga kerja manusia-nya dengan tenaga kerja robot nampaknya mulai terlihat sedikit demi sedikit (anda dapat membaca artikel lebih lengkapnya di sini ). Kali ini tugas yang diambil alih oleh robot adalah bartender (^_^).



Asahi Beer Robot adalah robot yang mampu menyuguhkan anda bir. Sebenarnya tidak hanya bir yang mampu ia suguhkan, sebab ia dapat membuka hampir semua jenis botol dan menuangkannya, dan kalau perlu menyampurnya dengan berbagai minuman lain. Saya tidak tahu bagaimana cara kerjanya, tapi yang jelas, sepertinya robot ini harus memiliki semacam resep minuman di otaknya, dan ia juga harus mampu mengenali botol dan jenis minuman yang ada dalam botol tersebut (baca juga mengenai Reem-B di sini ).


Tidak hanya menyuguhkan minuman, robot ini juga bisa sambil di ajak mengobrol ketika ia sedang bekerja, persis seperti bartender sungguhan. Namun karena robot ini masih berada dalam tahap yang sangat awal, robot ini baru menguasai kata-kata sederhana saja.

Untuk merakit robot ini setidaknya dibutuhkan 8 ilmuwan dengan waktu 200 “man hours” (jam kerja 1 orang).


Selain robot ini, Asahi juga masih memiliki robot lain yang mampu menyuguhkan bir. Berikut ini adalah gambar dan videonya.