Senin, 21 Juli 2008

Lively. Ngobrol di dunia 3D bersama Google

Sudah coba Lively, layanan terbaru dari Google ? Lively adalah ruang sosial dimana kita dapat mengobrol dengan orang-orang dari berbagai negara dalam dunia 3D. Orang-orang mengatakan bahwa Lively mirip dengan Second Life atau Entropia Universe, namun setelah saya coba, menurut saya Lively lebih mirip dengan There atau IMVU.

Berbeda dengan Second Life, There, atau IMVU yang berjalan pada aplikasi clientnya sendiri, Lively berjalan pada browser. Untuk dapat menggunakan Lively ini kita tidak perlu menjalankan aplikasi apapun kecuali browser kita. Untuk sementara ini, browser yang didukung oleh Lively hanyalah Firefox dan IE, namun browser-browser lainnya akan segera menyusul.

Seperti widget pada blog atau seperti video pada Youtube yang dapat di embed di manapun. Kita juga dapat mengembed Lively di manapun kita mau, di blog kita misalnya, atau di halaman profile Friendster dan Facebook, atau di halaman manapun yang memperbolehkan kita mengembed widget.




Saat ini Lively masih berstatus beta, dan menurut saya masih sangat tidak nyaman untuk digunakan. Namun apabila anda penasaran dan ingin mencobanya, maka anda dapat mengakses Lively pada alamat http://www.lively.com. O iya, untuk dapat menggunakan aplikasi ini anda harus menginstal add-on yang mereka sediakan untuk browser anda.