Senin, 28 Juli 2008

Falkirk Wheel. Canal Lock Boat Lift paling unik di dunia

Pada umumnya, canal lock boat lift berbentuk seperti sungai panjang, dengan beberapa pintu air di antara kedua ujung sungainya. Pintu air – pintu air ini berguna untuk menjembatani perbedaan ketinggian air di antara kedua ujung sungai tersebut.


Falkirk Wheel berbeda dengan canal lock lainnya di dunia. canal lock yang satu ini tidak perlu menggunakan banyak pintu air untuk menjembatani perbedaan ketinggian air pada kedua ujungnya. Falkirk Wheel hanya menggunakan 3 pintu air, dan itupun ketiganya hanya berfungsi untuk menjaga supaya air tidak tumpah. Dan untuk menaik atau menurunkan kapalnya, Falkirk Wheel menggunakan roda atau tangan raksasa yang dapat memutar kapal di atas ke bawah, atau sebaliknya. Untuk lebih jelasnya simak video berikut :




Falkirk Wheel memiliki diameter 35 meter. Dan mampu membawa muatan seberat 80ribu imperial gallon (^_^ saya juga tidak tahu, itu berapa ton ya ?). Walaupun terlihat besar dan berat, namun ternyata Falkirk Wheel sangat hemat energi. Untuk setiap perputarannya ia memakan waktu 4 menit, dan hanya menyedot daya sebesar 1.5 Kilowatt selama 4 menit, atau 22.5 kilowatt sejam (itu kira-kira sama dengan energi yang dibutuhkan untuk memasak 4 teko air).






Saat ini, Falkirk Wheel menjadi salah satu pusat daya tarik bagi wisatawan di Skotlandia. Apabila anda berminat untuk wisata ke sana, atau sekedar ingin tahu lebih lanjut mengenai boat lift menakjubkan ini anda dapat melihatnya pada http://www.falkirk-wheel.com/ atau http://www.thefalkirkwheel.co.uk/