Minggu, 06 Juli 2008

Chicago Spears. Menara spiral yang meniru bentuk rumah keong

Tidak lama lagi Chicago akan mendapat menara baru setinggi 2000 kaki yang berbentuk seperti cangkang (rumah) keong. Menara tersebut adalah Chicago Spears yang saat ini sedang menjalani proses pembangunannya.


Chicago Spears dirancang oleh Santiago Calatrava, seorang arsitek asal Spanyol. Menara unik ini diperkirakan akan menyeselesaikan proses pembangunannya pada 2011. Ketika menara ini selesai dikerjakan, jika tidak ada halangan, menara ini akan menjadi bangunan ke-dua tertinggi di bumi.


Tidak seperti bangunan tinggi lainnya di dunia yang pada umumnya dirancang untuk suatu perusahaan atau sekumpulan perusahaan. Chicago Spears dirancang sebagai tempat tinggal, dan bukan untuk keperluan bisnis. Ketika selesai dikerjakan, menara jangkung ini akan memiliki 150 tingkat lantai dan mampu menampung 1194 tempat tinggal.


Setiap tingkat lantainya memiliki perbedaan sudut sebesar 2,44 derajat. Itu berarti terdapat perbedaan sebesar 360 derajat antara lantai terbawah dengan lantai teratas. Hal ini menjamin agar tiap ruangan dalam Chicago Spears memiliki pemandangannya yang unik (^_^).


(source inhabitat )