Selasa, 22 Juli 2008

The Blue Planet. Aquarium raksasa berbentuk pusaran air


The Blue Planet dirancang oleh 3XN, sebuah firma arsitek dari Belanda. Aquarium ini rencananya akan dibuka untuk umum pada 2013. Setelah selesai dibangun, Aquarium ini akan terlihat seperti pusaran air raksasa apabila dilihat dari udara. Aquarium ini dibuat dengan konsep yang sepenuhnya terinspirasi dari alam dan laut.

The Blue Planet terletak di pulau Amager, tidak jauh dari bandara Copenhagen, Denmark. Lokasi pembangunannya sungguh tepat, sebab Aquarium ini akan memberikan pemandangan yang indah bagi para penumpang pesawat yang akan mendarat atau take off di bandara Copenhagen.

Walaupun bentuk pusaran air ini hanya terlihat dari udara, namun The Blue Planet ini juga akan tetap terlihat menakjubkan apabila dilihat dari bawah. Pengunjung akan merasa bahwa bangunan ini seolah mengapung di atas permukaan air yang berputar. Bagian interiornya pun tidak kalah menakjubkan, begitu kita memasuki aquarium ini, kita akan dibawa ke berbagai dunia organik yang menakjubkan.

Begitu kita memasuki aquarium ini, kita akan merasa seolah benar-benar berada di bawah laut. Apabila kita melihat ke atas, kita akan melihat berbagai tumbuhan dan binatang laut hidup di atas kita, dan apabila kita melihat lebih jauh lagi ke atas, kita akan dapat melihat langit dan sinar matahari. Sinar matahari akan dapat menerobos atap bangunan ini, yang kemudian akan dibiaskan oleh air menghasilkan pantulan cahaya yang dinamis di seluruh ruangan. Cahaya dinamis ini semakin memberi kesan kepada kita bahwa kita benar-benar berada di dalam laut.

Di tengah-tengah aquarium ini terdapat sebuah ruangan bundar yang sangat besar. Di ruangan inilah pengunjung menentukan sungai, danau, atau samudra apa yang akan mereka jelajahi berikutnya. Setiap sungai, danau, atau samudra memiliki atmosfernya sendiri. Apabila pengunjung berpindah dari 1 exhibition ke exhibition yang lain, pengunjung akan merasakan perubahan atmosfer yang lembut dan alami.

(source tuvie, bustler )