Minggu, 06 Juli 2008

Blended Wing Body Concept. Pada pesawat ini, para penumpang pun mendapat jendela yang menghadap ke depan seperti jendela pilot

Mungkin, di masa depan yang tidak terlalu jauh lagi, pesawat akan memiliki sayap yang menyatu dengan badannya. Konsep desain baru ini dipercaya jauh lebih efisien dan optimal dibanding desain konvensional seperti yang biasa kita lihat saat ini.
Pada konsep ini, daya angkat ke atas tidak hanya dihasilkan oleh sayap saja, namun juga oleh hampir seluruh bagian pesawat, termasuk bagian badan. Hal ini dapat secara drastis mengurangi penggunaan bahan bakar, dan juga mengurangi besarnya daya dorong yang dibutuhkan pesawat untuk take-off. Suara bising yang biasanya dihasilkan pesawat ketika terbang juga dapat berkurang secara drastis pada konsep ini.


Dengan desain seperti ini, pesawat juga akan memiliki ruang kosong yang lebih luas. Sehingga pesawat dapat membawa lebih banyak penumpang dengan ruang yang lebih leluasa. Dibanding desain konvensional, pada konsep Blended Wing Body ini, apabila pesawat mengalami kecelakaan, proses pengevakuasian penumpang pun dapat dilakukan dengan lebih mudah, dan lebih cepat.

Penggunaan bahan bakar yang lebih sedikit, dan ditambah dengan kemampuan membawa penumpang dalam jumlah yang lebih besar pada ruang yang lebih leluasa, seharusnya dapat membuat biaya penerbangan menjadi jauh lebih murah dibanding saat ini (^_^).

(source flightglobal, twitt, wiki )