Rabu, 25 Juni 2008

Teleconference Hologram. Persis seperti Hologram di Star Wars

Pernah lihat Star Wars ? Salah satu adegan paling terkenal dari Star Wars adalah saat R2D2 mengeluarkan rekaman putri Leia sedang berbicara dalam bentuk hologram. Nah, nampaknya sebentar lagi hal semacam itu tidak hanya akan kita temukan dalam film-film saja, namun juga dalam kehidupan nyata.
Beberapa waktu yang lalu, CISCO baru saja memamerkan salah satu produk hasil penelitian mereka selama bertahun-tahun, yaitu Telepresence. Telepresence adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang dari berbagai penjuru dunia, dan membuat orang tersebut seolah-olah ada dalam satu ruangan dengan kita. Untuk lebih jelasnya simak video berikut :
Video di atas di ambil pada saat konferensi CISCO di India. Dalam video tersebut dapat kita lihat, John Chambers, CEO CISCO, yang pada waktu itu sedang berada di India berbincang-bincang dengan Martin De Beer, salah satu penemu Telepresence, yang sedang berada di California. Telepresence memungkinkan mereka dapat berbincang-bincang, seolah-olah mereka ada dalam satu ruangan.
Tidak seperti Video Conference. Telepresence memiliki kelebihan berupa Direct Eye Contact. Jadi apabila kita menatap mata lawan bicara kita, maka lawan bicara kita juga akan melihat bahwa kita sedang melihat matanya. Sedangkan pada video conference, apabila kita menatap lawan bicara kita, maka lawan bicara kita mungkin hanya akan melihat kita sedang menunduk, atau melihat ke tempat lain. Apabila anda pernah menggunakan webcam untuk chatting pasti anda mengerti apa yang saya maksud di atas. Dengan adanya Direct Eye Contact ini maka, emosi yang akan dirasakan tentu akan sangat berbeda pula.
Di masa depan, teknologi seperti ini akan digunakan secara luas pada bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dan sebagainya.
(source technabob, nasm, musion )